Scroll to Top

Google Reader Ditutup Karena Telah Ada Google+ dan Google Now

By Ditya / Published on Saturday, 08 Jun 2013

Google Reader

Google akhirnya mengungkap alasan mengapa layanan RSS (Really Simpel Syndication) Reader populer Google Reader ditutup atau dimatikan, yakni karena telah ada jejaring sosial Google+ dan Google Now. Meski demikian, banyak pengguna Google Reader yang kecewa dengan keputusan Google tersebut.

Richard Gingras, direktur senior news dan produk sosial Google mengatakan bahwa banyak orang tak lagi menggunakan layanan Google Reader untuk mengonsumsi berita, padahal layanan tersebut sejak awal dirancang oleh raksasa internet ini untuk keperluan tersebut.

Tak hanya itu, Richard Gingras juga mengatakan bahwa meningkatnya popularitas smartphone juga turut memengaruhi keputusan Google untuk menutup Google Reader, mengapa? Karena banyak orang yang telah mendapatkan berita melalui smartphone yang memiliki konektivitas yang luas, sehingga keberadaan Google Reader dianggap tak diperlukan lagi.

Selain itu, pengguna internet masa kini dinilai lebih senang mendapatkan berita dari Twitter, Google+ atau situs jejaring sosial lainnya ketimbang RSS seperti yang ditawarkan oleh layanan Google Reader. Perkembangan jejaring sosial yang sangat pesat ini dinilai mendorong pengguna internet lebih suka mendapatkan berita dari situs tersebut.

Karena hal tersebutlah Google kini mulai fokus untuk mengubah Google+ dan Google Now untuk menjadi sumber berita utama bagi pengguna internet. Google juga menegaskan bahwa banyak orang yang tak terlalu akrab dengan RSS atau Google Reader dan lebih familiar dengan jejaring sosial.

Seperti yang dilansir dari Softpedia (07/06/2013), Google telah mengganti layanan Google Reader dengan layanan Google+ dan Google Now, tetapi masih banyak pengguna setia Google Reader yang kecewa dengan keputusan Google tersebut. Tampaknya raksasa mesin pencari ini ingin merubah cara orang mendapatkan berita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda