Scroll to Top

Manfaatkan Kulit Bawang Saat Memasak

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 14 Sep 2011

Jangan mengambil dagingnya saja kalau Anda akan menggunakan bawang dalam membuat masakan. Karena, kulit bawang memiliki kandungan zat yang sangat bermanfaat. Terasa sia-sia kalau Anda membuangnya begitu saja.

Dalam lapisan tipis kulit luar, yang berwarna coklat, mengandung serat dan senyawa fenolik seperti quercetin dan flavanoid. Sedangkan, dua lapisan terluar setelah bawang dikupas, memiliki senyawa belerang, serat, dan fructans.

“Kulit bawang merah bisa digunakan sebagai sumber alami dengan nilai fungsional tinggi,” kata Vanesa Benitez, seorang peneliti di Departemen Pertanian Otonomi Kimia di Universitas Madrid, Spanyol.

Kandungan serat memiliki manfaat untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, gastrointestinal, kanker usus besar, diabetes tipe 2, dan obesitas. Senyawa fenolik merupakan antioksidan dan pencegah penyakit koroner.

Jadi, cukup cuci bawang Anda dan konsumsi semua lewat masakan. Anda pun akan mendapatkan manfaat ekstra dalam kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda