Scroll to Top

Ini Dia Susunan Formasi Real Madrid Era Carlo Ancelotti: 4-3-3

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 19 Jun 2013

Ini Dia Susunan Formasi Real Madrid Era Carlo Ancelotti: 4-3-3

Carlo Ancelotti memang belum resmi merapat ke Real Madrid. Tapi Marca, sudah lebih dahulu menyusun formasi Los Blancos era Don Carlo. Tidak hanya mengubah skema dari 4-2-3-1 menjadi 4-3-3, mantan pelatih AC Milan, Chelsea, dan PSG ini diprediksi akan menempatkan Gareth Bale di posisi sayap kanan.

Formasi 4-3-3 ala Carlo Ancelotti sendiri terbukti ampuh. Dengan skema inilah ia memborong gelar Liga Champions 2002-03 dan Liga Italia 2003-04 bersama AC Milan. Juga, juara Premier League dan Piala FA 2010 di Chelsea. Tak lupa, musim ini, ketika PSG menjadi yang terdepan di Liga Prancis, ia juga menurunkan formasi sama.

Memang tidak selamanya formasi 4-3-3 dipertahankan Don Carlo. Kala banyak pemain cedera, akumulasi kartu yang menerima beberapa pilar, dan kemungkinan pemain dapat berkembang dalam formasi lain, Carlo Ancelotti tak segan mengubah taktik.

Lalu, bagaimana penerapannya di Real Madrid? Diprediksi Marca, Iker Casillas akan kembali menjadi pilihan utama penjaga gawang era Ancelotti. Kemudian, diikuti empat bek: Alvaro Arbeloa di bek kanan, duet Raphael Varane-Sergio Ramos di bek tengah, dan Marcelo di bek kiri.

Lini tengah Real Madrid akan sedikit unik. Ketika Ancelotti menangani AC Milan dan berhasil meraih gelar Liga Champions di Old Trafford melawan Juventus, ia memasang tiga gelandang: Clarence Seedorf, Andrea Pirlo, dan Gennaro Ivan Gattuso. Bagi Marca, jika hal serupa diperlakukan untuk Real Madrid, Sami Khedira yang akan menjadi Gattuso-nya Madrid, Xabi Alonso menempati posisi Andrea Pirlo, dan Luka Modric sebagai gelandang kiri seperti posisi Seedorf.

Andai Gareth Bale jadi dibeli Real Madrid, ia akan ditempatkan sebagai penyerang kanan, bergantian dengan Mesut Ozil. Penyerang utama, tetaplah seorang Karim Benzema. Dan Cristiano Ronaldo, dengan rentetan golnya dari musim ke musim, ada di posisi penyerang kiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda