Scroll to Top

Apa Penyebab Bibir Berubah Menghitam?

By C Novita / Published on Wednesday, 19 Jun 2013

bibir gelap

Anda mungkin heran dengan perubahan warna bibir yang dialami seseorang. Jika dahulu warna bibirnya merah merona, mengapa sekarang jadi lebih gelap dan menghitam?

Padahal saat seseorang tersenyum, yang jadi pusat perhatian adalah bibirnya yang merona. Jika berubah warna jadi gelap, tentu akan tak enak lagi dipandang, bukan?

Berikut ini adalah penyebab mengapa warna bibir seseorang dapat berubah menjadi gelap dan menghitam, seperti dilansir oleh situs Boldsky:

  • Merokok

Salah satu efek samping merokok adalah berubahnya warna bibir jadi lebih gelap. Nikotin merupakan biang keladi yang memicu terjadinya perubahan warna tersebut. Bila Anda ingin memiliki warna bibir tetap merah merona, maka berhentilah merokok.

  • Kafein

Kafein dalam kopi dan teh mampu menyebabkan perubahan warna gigi menjadi coklat. Ternyata efek tersebut tak hanya mempengaruhi gigi saja, bibir pun bisa berubah menjadi gelap bila Anda kerap mengonsumsi minuman berkafein. Untuk meminimalisir efeknya, minumlah air putih setelah konsumsi teh atau kopi.

  • Sinar matahari

Terkena sinar matahari pun akan menyebabkan bibir berubah menggelap. Gunakan lip balm dengan SPV untuk mencegah bibir menjadi hitam.

  • Lipstik

Lipstik yang mengandung bahan kimia tertentu, dapat merubah warna bibir Anda jadi lebih gelap, bahkan menyebabkannya terkelupas. Biasanya lipstik dengan harga murah yang memiliki efek samping demikian.

  • Dehidrasi

Bila Anda kurang minum, maka peredaran darah dalam tubuh pun jadi tak lancar. Ini mempengaruhi aliran darah ke seluruh bagian tubuh termasuk ke bibir. Akibatnya bibir terlihat kusam dan gelap.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda