Scroll to Top

Jokowi: Kisah Hidup Gubernur Jakarta Diangkat dalam Film

By Rin / Published on Wednesday, 19 Jun 2013

Popularitas Gubernur Jakarta, Joko Widodo  menggugah produser KK Dheraj untuk membuat film yang menceritakan masa kecil dan remaja Gubernur Jakarta yang akrab disapa Jokowi itu.  K2K Production mengaku film Jokowi adalah film dengan biaya terbesar yang pernah dibuat oleh rumah produksi tersebut. Film ini menelan biaya milyaran rupiah, sembilan kali lipat dari biaya pembuatan film horor yang biasa diproduksi oleh K2K Production.

“Dana untuk pembuatan satu film ini bisa bikin sembilan film horor,” ujar KK Dheraj saat konferensi pers di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (20/5/20013) lalu.

Film ini sempat terkendala masalah perizinan karena Gubernur Jokowi menganggap dirinya hanya orang kecil yang tidak pantas untuk difilmkan. Namun, pembuatan film tetap berjalan , bahkan Ibunda Jokowi, Sujiatmi Notomiharjo memberikan dukungan moril kepada film tersebut.

Jokowi yang disutradari oleh Azhar Kinoi Lubis ini telah dirilis perdana pada Jumat (15/6) lalu di Epicentrum XXI yang langsung diserbut ratusan penonton. Karakter Jokowi diperankan oleh Teuku Rifnu Wikana yang mendapatkan pujian dari pemeran Habibie dalam film Ainun dan Habibie, Reza Rahadian. Reza menilai Teuku Rifnu sangat pas memerankan tokoh Jokowi. Demi mendalami peran, Teuku Rifnu Wikana mengaku sempat harus mengikuti Gubernur Jokowi blusukan. Sementara, aktris Prisia Nasution memerankan isteri Jokowi, Ana Iriana.

Film Jokowi mengisahkan seorang anak tukang kayu yang bernama Joko Widodo. Ia menghabiskan masa kanak-kanaknya yang tidak berkecukupan di sebuah rumah kecil di pinggiran sungai. Pekerjaan sehari-hari sebagai pemburu telor bebek dilakukannya sembari bersekolah dengan cita-cita ingin lulus perguruan tinggi. Meskipun kehilangan ayahnya, Notomiharjo, ia tetap bersemangat menjalani kehidupan dan mengamalkan semua ajaran ayahnya. Dia juga jatuh cinta kepada gadis teman adiknya yang bernama Iriana. Bersama Iriana, Jokowi Widodo mengarungi berbagai tantangan hidup hingga bisa menjadi pemimpin besar. Nama Jokowi diberikan oleh seorang pengusaha Prancis kepada Joko Widodo dengan rasa kekaguman. Kini, Jokowi sangat populer di mata rakyat sebagai pemimpin yang rendah hati.

Jokowi akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia secara serentak pada 20 Juni 2013 demi menyambut hari ulang tahun Jokowi yang ke-52 yang jatuh pada tanggal 21 Juni 2013. Sehari setelahnya, 22 Juni 2013 adalah hari ulang tahun Kota Jakarta yang ke-486.

[youtube width=”500″ height=”300″]qK2kp6PxFUo[/youtube]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda