Scroll to Top

Fakta Tentang Telur yang Belum Anda Ketahui

By C Novita / Published on Monday, 24 Jun 2013

fakta telur

Telur adalah sumber protein yang banyak dipilih sebab praktis, murah, dan juga lezat. Vitamin B kompleks, nutrisi dan proteinnya tinggi. Selain itu, ternyata ada fakta mengenai telur yang mungkin belum Anda ketahui.

Dilansir dalam Huffingtonpost, walau telur masih mengundang kontroversi bila dikonsumsi oleh penderita sakit jantung, namun kebanyakan ahli sepakat bahwa diet yang mencakup telur itu sehat.

Selain itu, fakta lain dari telur adalah:

  • Kuning telur membantu perkembangan otak

Pada kuning telur ada vitamin B kompleks jenis kolin, yang berhubungan dengan fungsi neurologis yang baik untuk mengurangi peradangan. Selain itu, terbukti bahwa diet kolin membantu perkembangan otak janin. Juga, kolin pun membawa efek baik bagi mood (memicu hormon endorfin berproduksi) dan membawa rasa bahagia.

  • Protein yang sempurna

Telur adalah sumber protein yang sempurna kualitasnya, sebab semua bentuk protein yang dikandung telur mudah dan cepat diserap oleh tubuh, kata Cynthia Sass, RD, pada Healthy Living.

  • Usia ayam menentukan

Usia ayam menentukan kualitas telur. Bila ingin telur dengan kualitas baik bagi konsumsi sehari-hari, maka pilih telur yang dihasilkan oleh ayam usia 28 minggu dan 97 minggu ke atas. Ayam yang usianya di antara itu hasil telurnya lebih banyak cairan.

  • Warna kuning telur

Warna kuning telur yang lebih tua atau lebih muda bukan melambangkan kualitas gizi telur. Namun menunjukkan jenis pakan ayam tersebut. Jika kuning tua, maka ayam banyak memakan biji-bijian dengan kadar karotenoid tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda