Scroll to Top

Spanyol Bisa Memainkan Formasi 10 Gelandang Sekaligus

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 27 Jun 2013

Spanyol Bisa Memainkan Formasi 10 Gelandang Sekaligus

Vicente Del Bosque menyatakan bahwa ia akan tetap memakai formasi dengan satu penyerang, bukan skema 4-6-0 yang membantu Spanyol menggulung Italia 4-0 di final Euro 2012. Namun, Del Bosque membela diri dengan berkata, La Furia Roja akan tampil lebih baik dengan 10 gelandang di lapangan.

Selama ini Spanyol memang dikritik dengan skema mereka yang mengutamakan ball possessions dan kurang tajam di depan gawang. Banyak yang menyebutkan permainan sang juara Euro 2012 terlalu membosankan. Atau, diistilahkan bahwa mereka, “terlalu banyak mengumbar cinta, tapi tidak cukup melakukan hubungan badan (puncak kenikmatan).”

Del Bosque membantah hal ini dengan berkata, “Pernyataan ini muncul karena definisi ‘hubungan badan’ adalah mencetak gol. Tapi menurut saya, kami tidak bermain terlalu buruk (dan membosankan).”

Di Piala Konfederasi 2013, Spanyol akan berhadapan dengan Italia di babak semifinal. Bagi Del Bosque, La Furia Roja yang sekarang memiliki kedalaman yang lebih dibandingkan dengan mereka dua tahun sebelumnya.

“Kami adalah tim yang bermain baik, menguasai bola dan menjaga possessions, juga memiliki kedalaman yang lebih dibandingkan dua tahun lalu.”

Apakah Spanyol akan mengulang skema tanpa penyerang seperti di final Euro 2012? Jawabannya tidak. Del Bosque lebih suka memakai taktik satu penyerang alih-alih 4-6-0. Tapi, ada perkecualian.

“Kami akan melanjutkan langkah yang sudah dimulai di turnamen ini (memakai satu penyerang murni). Tapi penting dilihat bahwa Cesc Fabregas juga seorang ‘Nomor 9′. Mungkin tidak demikian dalam kacamata tradisional, tapi Fabregas membuktikan dirinya seorang pencetak gol dalam berbagai kesempatan.”

Yang jelas, bagi Del Bosque, bermain dengan banyak gelandang sangat mengasyikkan. La Roja akan tampil lebih baik jika bisa menampilkan 10 gelandang sekaligus dalam sebuah laga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda