Scroll to Top

Bayi Kepala Dua Bertubuh Satu Gegerkan Cilacap

By C Novita / Published on Friday, 28 Jun 2013

bayi kepala dua cilacap

Seorang bayi telah menggegerkan masyarakat Cilacap sebab lahir dengan kondisi langka yakni berkepala dua namun bertubuh satu. Bayi tersebut lahir dengan proses cesar di RSB Duta Mulya, Majenang, Cilacap, Jateng.

Bayi laki-laki ini adalah putra pasangan Usman (36) dan Munjiah (27), warga Desa Purwosari Kecamatan Wanareja, Cilacap. Menurut dr Tatang Mulyana SpOG, direktur RSB Duta Mulya, kelainan langka yang dimiliki oleh bayi tersebut bernama dicephalus paragus on joined twins.

Maksudnya adalah kembar mulai dari kepala hingga ke leher saja, sedangkan tubuh serta organ dalamnya hanya ada untuk satu tubuh. Kerongkongan yang dimiliki oleh bayi tersebut satu, demikian pula kaki dan tangannya hanya sepasang.

Dilansir oleh Tribunnews, dr Tatang juga menjelaskan bahwa keadaan itu tidak bisa dikategorikan sebagai kembar siam. Penyebabnya diduga karena adanya mutasi genetik di saat proses pembelahan sel waktu janin masih 2 minggu. Pemicunya bisa obat yang dikonsumsi oleh si ibu.

Walau kondisinya langka, namun dikabarkan kesehatan si bayi baik dan memiliki berat badan lahir normal yaitu 4.200 gram serta panjang 46 cm.

Kini, bayi berkepala dua itu dirujuk ke RSUP dr Sarjito Yogyakarta agar mendapat perawatan yang lebih intensif. Untuk biayanya, kedua orang tua bayi mendapat fasilitas jampersal untuk meringankan biaya rumah sakit.

Kasus ini tergolong sangat langka sebab hanya terjadi pada 1 dari 200.000 kelahiran saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda