Scroll to Top

Mengenal Vitiligo, Salah Satu Kelainan Pada Kulit

By C Novita / Published on Friday, 28 Jun 2013

vitiligo

Ingat bagaimana Michael jackson mengatakan bahwa kulitnya berubah putih karena penyakit vitiligo? Vitiligo adalah kondisi munculnya bercak putih di permukaan kulit. Ya, gejala vitiligo memang tampak dari perubahan warna kulit menjadi lebih putih dari warna kulit asli.

Nama lain vitiligo adalah leucoderma, yang dapat menyerang siapapun dari ras apapun di dunia ini. Anggota tubuh yang kerap dihinggapi penyakit vitiligo adalah tangan serta wajah, namun tak menutup kemungkinan muncul pada bagian tubuh lain.

Penyebabnya adalah karena sel pada kulit yang fungsinya untuk memproduksi warna bernama melanocytes, mati. Akibatnya warna kulit di tempat tersebut menjadi putih dan berbeda dari kulit di sekitarnya.

Dilansir oleh Healthmeup, sebab kematian melanocytes masih menjadi pertanyaan hingga kini. Namun diperkirakan karena faktor genetik, kegagalan sistem imun tubuh, radikal bebas yang tinggi, serta luka atau cedera karena terbakar matahari.

Dugaan penyebab lainnya adalah stres, kurang vitamin B12, zinc, dan zat folat serta tembaga. Yang jelas penyakit vitiligo tidak menular seperti panu, atau kusta.

Hingga kini vitiligo masih belum diketemukan obatnya, namun ada pengobatan yang dapat dilakukan untuk sedikit memperlambat meluasnya penyakit ini. Konsultasilah dengan pihak medis jika Anda mengalami bercak-bercak putih pada kulit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda