Scroll to Top

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Hamil Muda

By C Novita / Published on Sunday, 30 Jun 2013

makanan ikan mentah

Hamil muda biasanya identik dengan gejala morning sickness seperti pusing, sering buang air kecil, kelelahan, mual, serta perubahan mood. Wanita yang sedang menjalani kehamilan juga biasanya dianjurkan menjaga asupan makanan terutama saat usia kehamilan masih rentan, dibawah 4 bulan.

Selama kehamilan, sel-sel dalam ovarium akan memproduksi progesteron yang berfungsi menjaga kehamilan agar sehat. Jumlah darah yang beredar dalam tubuh ibu pun akan diperkuat untuk menjaga kondisi ibu lebih hangat dari hari biasanya.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu yang sedang hamil muda, sebab dapat berpengaruh negatif bagi perkembangan janinnya. Seperti dilansir oleh Boldsky, berikut ini adalah jenis makanannya:

  • Keju jenis tertentu. Keju Camembert, Roquefort, Brie, adalah beberapa jenis keju lembut yang banyak mengandung E coli. Ini bisa berakibat buruk bila dikonsumsi saat hamil muda.
  • Hati. Hati sebenarnya baik dikonsumsi bila usia kehamilan sudah lebih besar. Namun kandungan vitamin A dalam bentuk retinol pada hati bisa berpengaruh buruk bagi janin.
  • Susu segar. Susu segar atau susu mentah sebaiknya dihindari. Konsumsilah susu yang telah mengalami pasteurisasi atau susu bubuk sebab susu mentah mengandung mikroorganisme yang dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan Anda, misalnya salmonela.
  • Alkohol. Minuman yang mengandung alkohol bisa menyebabkan bayi cacat. Hindari semua jenis minuman beralkohol saat sedang hamil.
  • Telur mentah. Dalam telur yang masih mentah atau setengah matang ada kandungan salmonela yang berbahaya bagi janin dan kesehatan ibu.
  • Ikan mentah. Jenis makanan yang mengandung bahan ikan mentah, misalnya sushi, sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Dikhawatirkan terdapat bakteri berbahaya yang bisa menyebabkan kesehatan ibu terganggu.

Demi kesehatan janin dan calon buah hati Anda, maka hindari sejenak makanan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda