Scroll to Top

Google Reader Ditutup Esok, Sudahkan Anda Lakukan Migrasi?

By Ibnu Azis / Published on Sunday, 30 Jun 2013

Google Reader

Google Reader secara resmi esok akan tutup buku. Bagi Anda pengguna setia aplikasi reader ini, sudahkah menemukan penggantinya? Berikut yang harus Anda lakukan pasca penutupan Google Reader.

Unduh data

Google sediakan fitur unduh data di semua layanan yang mereka miliki. Terkait dengan penutupan Google Reader, ada baiknya Anda mengunduh data yang ada di aplikasi reader tersebut. Data yang ada nantinya akan berupa OPML (Outline Processor Markup Language). Lantas apa gunanya?

Data yang berupa berkas XML ini nantinya diperlukan untuk proses migrasi. Misalkan Anda memilih layanan reader dari AOL (AOL Reader). Untuk menggunakannya diperlukan berkas OPML. Nantinya berkas ini akan diunggah ke situs tersebut dan menyinkronisasi segala setting di Google Reader. Unduh berkas OPML di situs Google Takeout pada tautan berikut.

Migrasi

Kurang dari 24 jam Google Reader akan binasa. Anda setidaknya harus miliki layanan alternatif sebagai pengganti reader jempolan Google ini. Berikut layanan-layanan tersebut yang direkomendasikan netizen yang dilansir dari situs ReplaceReader.com.

List di atas tidak semuanya adalah berupa layanan dalam bentuk situs atau website. Flipboard misalnya, adalah sebuah aplikasi reader yang lebih ke arah social megazine yang hadir di iOS dan Android.

Yang harus Anda ingat, unduh berkas OPML terlebih dahulu sebelum migrasi. Sebab, tidak semua layanan alternatif di atas miliki fitur sinkronisasi langsung via akun Google. Sebut saja AOL Reader.

Selamat jalan Google Reader.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda