Scroll to Top

Ada Tayangan Azan di Stasiun Teve Inggris

By Ilham Choirul / Published on Saturday, 13 Jul 2013

azan

Mungkin tidak lazim menemui sebuah stasiun teve utama di Inggris mengumandangkan azan sebagai salah satu tayangannya. Pasalnya, di Inggris mayoritas masyarakatnya beragama Kristen dan Katolik dengan sistem negara sekuler. Tapi, ini benar-benar terjadi dilakukan oleh stasiun teve Channel 4. Stasiun ini menayangkan sinema azan subuh yang di Inggris bertepatan pada pukul 3 pagi waktu setempat selama bulan Ramadhan.

Dikutip BBC, inilah pertama kali jaringan teve Channel 4 menggagas program yang diberi nama A very British Ramadhan. Sebagai muadzin dalam tayangan itu adalah Hasse Rassol, muadzin yang cukup tenar di Inggris. Channel 4 mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk “menyentil” orang-orang yang sering menyamakan antara Islam dengan kegiatan radikalisme.

Penggarapan tayangan adzan ini cukup unik. Rassol diceritakan berjalan menyusuri London, lalu mengetahui telah tiba waktu sholat lewat ponselnya. Dia lantas mengumandangkan azan saat itu juga disaksikan oleh banyak orang yang lewat di sekitarnya. Tujuan skenario tayangan tersebut menunjukkan bahwa azan adalah bagian dalam keseharian warga London.

Bukan hanya azan saja yang menjadi fokus sajian Ramadhan di Channel 4. Stasiun teve tersebut juga telah menyiapkan tayangan testimoni muslim Inggris yang menjalankan puasa selama kurang lebih 18 jam. Perlu diketahui, azan subuh di Inggris dimulai pukul 3 pagi dan waktu sholat maghrib pada pukul 21.15 malam waktu setempat.

“Channel 4 akan dikritik karena memusatkan pada agama minoritas. Namun inilah yang kami lakukan untuk memberikan ruang dan suara bagi kelompok yang tidak banyak terwakili,” kata Ralph Lee, kepala program jaringan teve Channel 4.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda