Scroll to Top

9 Cara Praktis Mendapatkan Kegembiraan

By Ilham Choirul / Published on Thursday, 18 Jul 2013

family

Menjauhkan diri dari kegelisahan bisa dilakukan dengan cara mudah. Dikutip dari Times of India, ada 9 cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak hati Anda untuk merasakan kegembiraan dan hati yang tenang secara lebih cepat. Cara tersebut adalah:

  1. Membeli tiket pertunjukan. Apapun jenis pertunjukan yang  disukai akan lebih menggembirakan hati dibanding membeli barang-barang. Sebuah pengalaman akan menyisakan kenangan yang tidak mudah mudar dibandingkan sekadar rasa senang telah memiliki sebuah benda. Demikian menurut studi dari  San Francisco State University, AS.
  2. Menghabiskan malam dengan orang-orang terdekat. Bercengkerama dengan keluarga, teman, kekasih, dan orang-orang terdekat lainnya lebih membahagiakan dibanding keluar untuk makan, minum, dan agenda sendirian lainnya. Menurut studi dari Universitas Illinois menemukan, 10 persen orang lebih bahagia saat memprioritaskan waktunya bagi orang-orang dekat.
  3. Berlari atau mengayuh sepeda dengan kecepatan lebih tinggi. Ini akan memicu pembentukan hormon endorfin lebih banyak dan meningkatkan noradrenalin. Keduanya akan memperbaiki mood dalam waktu 90 menit setelah melakukan aktivitas itu.
  4. Minum teh dari kulit pisang. Caranya, rebus kulit pisang dalam air selama 15 menit. Minum airnya setelah dingin. Studi yang dilakukan di Taiwan menemukan, kulit pisang mengandung bahan yang akan meningkatkan hormon serotonin yang kerap disebut hormon pembuat bahagia.
  5. Mematikan televisi. Studi yang dilakukan Universitas Maryland menemukan, orang yang rajin menonton televisi 20 persen tidak lebih merasa bahagia dibandingkan mereka yang tidak terlalu suka melihat tayagan televisi. Dan, membaca adalah aktivitas yang dikaitkan dengan peningkatan mood lebih baik.
  6. Membaca buku tabungan saat saldo mencukupi. Studi yang dilakukan Universitas London menemukan, ada kebahagiaan yang dirasakan orang ketika dirinya merasa mampu mengontrol keuangannya. Tidak peduli seberapa jumlahnya, dengan melihat buku tabungan sudah membuat tenang.
  7. Melakukan perbuatan baik. Aksi sosial yang dikerjakan dengan sukarela dan ikhlas secara positif akan meningkatkan harga diri serta kebahagiaan karena telah berbagi.
  8. Menyanyikan lagu. Mendengarkan lagu kesukaan bisa meningkatkat mood, menurut temuan dari studi di Universitas Frankfurt, Jerman.
  9. Menikmati coklat hitam. Coklat murni ini memiliki bahan kimia alami bernama phenylethylamine. Fungsinya akan membuat perasaan gembira secara ringan, seperti ketika orang jatuh cinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda