Scroll to Top

Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Makanan Ini

By C Novita / Published on Saturday, 27 Jul 2013

wanita hamil

Masa kehamilan adalah masa yang penting untuk pertumbuhan janin. Menjaga jenis makanan dan pola makan sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil, agar janin sehat dan tak mengalami masalah dalam pertumbuhannya.

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil, terutama trimester pertama sebab dikhawatirkan bisa menyebabkan keguguran. Apa saja jenis makanan tersebut? Berikut seperti dilansir oleh Vemale:

Hewan laut

Tingkat pencemaran laut yang cukup tinggi saat ini terutama zat merkuri yang berbahaya, bisa mengakibatkan kerusakan pada janin. Memang ada asam omega 3 serta protein yang disisi lain pun baik untuk kesehatan. Untuk lebih berhati-hati sebaiknya saat ibu hamil muda hindari dahulu jenis hewan laut seperti cumi-cumi, kerang, kepiting, ikan, dan gurita.

Lalapan mentah

Tentu segar sekali mengonsumsi sayur mentah dengan sambal dan ayam goreng. Namun Anda tak pernah tahu ada bakteri atau virus apa yang menempel di permukaan sayur tersebut saat di perkebunan. Bisa jadi pupuk kandang yang digunakan mengandung virus berbahaya yang turut terbawa hingga ke piring Anda. Jadi, hindari dulu konsumsi makanan mentah demi kesehatan janin Anda.

Produk susu segar

Susu segar atau yang telah di pasteurisasi sekali pun, tidak menyebabkan bakteri 100 persen mati. Hindari sejenak produk susu tersebut saat usia janin Anda masih muda, demi kesehatan pertumbuhannya kelak.

Alkohol dan rokok

Ini merupakan racun bagi janin, dan tak membawa manfaat sama sekali. Hindari sebisa mungkin agar resiko keguguran tak terjadi.

Ibu hamil pun sebaiknya selalu menjaga kebersihan makanan yang dikonsumsinya, demi kesehatan dirinya dan janin dalam kandungan. Jangan pernah absen mencuci buah dan sayur yang hendak dikonsumsi dengan sabun khusus buah untuk membersihkan pestisida yang tertinggal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda