Scroll to Top

Hyperloop, Konsep Alat Transportasi Berkecepatan Supersonik

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 18 Aug 2013

hyperloop

Elon Musk mempunyai sebuah konsep untuk membuat sistem angkutan sangat cepat yang memiliki kecepatan hampir menyamai kecepatan supersonik. Nama angkutan ini adalah Hyperloop. Musk, yang menciptakan angkutan ini bertutur, perjalanan dari Los Angeles hingga San Fransisco bisa ditempuh hanya dalam kisaran 35 menit. Demikian dikutip Antara dari AFP.

Hyperloop memiliki bentuk seperti kapsul yang nantinya bisa dimasuki oleh penumpang. Kapsul ini diletakkan dalam sebuah lorong yang panjang. Saat berjalan, kapsul akan menempuh kecepatan yang sangat cepat.

Musk mengatakan, hyperloop berujud pipa bertekanan rendah. Di dalamnya ada kapsul-kapsul untuk penumpang. Kecepatan bisa disetel untuk kecepatan rendah dan tinggi selama berada dalam lorong pipa.  Kapsul tersebut memliki bantal udara sebagai penyangga dalam ruang udara yang dimampatkan. Lalu, kapsul dapat terangkat secara aerodinamis. Lajunya bisa mencapai 1.220 kilometer per jam.

Musk merupakan kepala pembuatan mobil listrik Tesla Motor. Dia juga kepala pesawat ruang angkasa swasta Space X. Dia juga bekerja untuk SolarCity yang membuat panel surya bagi perusahaan dan rumah tangga. Dia lahir di Afrika Selatan, namun berkewarganegaraan Amerik Serikat.

Ide Hyperloop ini ada dalam sebuah dokumen dengan tebal 57 halaman. Musk menyatakan, kecepatan Hyperloop berada di antara pesawat concorde dan kereta peluru yang melaju di sebuah meja hockey udara. Namun, Musk tidak akan membangun sistem ini. Dia membuka partisipasi pihak lain untuk mengembangkan sistem tersebut. Hyperloop sangat efisien dalam menghubungkan jalur yang memiliki jarak 1.500 kilometer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda