Scroll to Top

Minum Kopi Berlebih Bisa Akibatkan Cepat Mati?

By C Novita / Published on Sunday, 18 Aug 2013

Eits, yang gemar minum kopi jangan sewot dulu. Sebuah penelitian terbaru menyatakan bahwa kebiasaan minum kopi lebih dari 4 gelas per hari bisa menyebabkan datangnya kematian lebih cepat.

John Ochsner Heart and Vascular Institute di New Orleans lah yang melakukan penelitian tersebut. Mereka melakukan riset dengan melibatkan sekitar 40.000 responden orang dewasa usia 55 tahun ke bawah yang memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi.

Hasilnya, ya seperti pernyataan di atas. Minum kopi lebih dari 4 gelas per hari yang dilakukan oleh orang dengan usia di bawah 55 tahun akan membuat mereka menemui kematian lebih cepat.

Walau demikian ada beberapa ahli yang meragukan kesimpulan dari penelitian tersebut. Mereka menyatakan bahwa lingkup penelitian terlalu sempit untuk melihat bagaimana kematian yang dialami oleh sebagian orang responden sebagai akibat dari konsumsi kopi.

Di sisi lain, ada beberapa penelitian lain yang justru menemukan bahwa kebiasaan meminum kopi ternyata dapat menurunkan resiko berbagai jenis penyakit berbahaya seperti kanker, gagal jantung, serta lainnya.

Dilansir oleh USNews (15/08), hasil penemuan terbaru yang mengungkap 21 persen kemungkinan kematian usia muda karena konsumsi kopi berlebih itu memang masih menyisakan banyak pertanyaan yang belum bisa dijawab.

Namun tak ada salahnya juga mengurangi konsumsi kopi Anda menjadi dosis wajar, yaitu 1-2 cangkir per hari. Segala yang berlebihan memang tak baik, bukan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda