Scroll to Top

Segera Periksakan Jika Keputihan Sudah Abnormal

By Ilham Choirul / Published on Friday, 23 Sep 2011

Buat wanita, keputihan yang terjadi di organ kewanitaan seringkali mengganggu. Rasa tidak nyaman muncul seiring kemunculannya. Sebenarnya keputihan itu normal. Namun, peningkatan sekresi lendir ini harus diwaspadai jika sudah berubah warna, menyebabkan gatal, jumlahnya berlebihan, atau membuat nyeri dan panas. Menghindari kelembaban di kemaluan bisa dijadikan salah satu pencegahannya.

Keputihan yang bersifat patologis disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau protozoa.  Segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda jika menemui gejala keputihan abnormal. Penanganan medis yang tepat diperlukan sesegera mungkin.

Anda bisa memeriksakan diri dengan vaginal swab atau pap smear. Dalam tes tersebut akan diuji apusan secret di vagina atau mulut rahim. Setelah itu, akan diketahui jenis kuman penyebab keputihan. Sehingga, penanganannya penyakit menjadi lebih tapat sasaran dengan mengetahui penyebabnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda