Jadwal MotoGP 2013 Silverstone Inggris Minggu, 1 September

Jadwal seri ke-12 Moto GP 2013 yang digelar di sirkuit Silverstone, Inggris akan berlangsung pada Minggu, 1 September 2013 pukul 17.00 WIB. Apakah Marc Marquez akan meraih kemenangan kelima beruntun di Grand Prix Inggris? Bagaimana nasib Jorge Lorenzo sang juara bertahan?

Kemungkinan Marc Marquez semakin menjauh dari kejaran Lorenzo dan Dani Pedrosa terbuka lebar. Sang rookie akan memulai balapan di posisi terdepan. Pembalap asal Spanyol pun pernah menjadi yang terdepan kala masih berlaga di kelas 125 cc pada tahun 2010. Namun, bukan perkara mudah untuk menggenggam 25 poin.

Jorge Lorenzo yang ada di posisi kedua di start, tercatat telah dua kali menaklukkan Silverstone dalam tiga tahun terakhir. Yaitu, pada 2010 dan 2012. Kembali berada di bawah Marquez hanya akan membuat peluang mengejar tertutup. Plus, selisih 18 angka dari Dani Pedrosa yang sementara bercokol di peringkat kedua klasemen, tak terkejar.

Harapan kejutan dari Cal Crutchlow dan Stefan Bradl yang di kualifikasi berturut-turut nomor 3 dan 4? Dalam tiga race terakhir, pembalap Australia selalu berada di bawah Valentino Rossi di ujung balapan. Hal inilah yang memperlebar jaraknya dari pembalap Italia yang duduk di posisi enam. Selisih 16 poin bisa saja tak terpangkas, malah melebar.

Sejauh ini, dominasi trio Spanyol: Marc Marquez-Dani Pedrosa-Jorge Lorenzo terlalu kentara di MotoGP 2013. Mereka berbagi podum dalam lima kesempatan. Bahkan dalam dua seri terakhir, di Indianapolis dan Grand Prix Ceko, urutan tak lagi berubah. Kini, apakah kejadian yang sama berulang di Silverstone?