BlackBerry Diakuisisi Fairfax Financial Senilai Rp 54 Triliun

Blackberry

Setelah beberapa waktu lalu dikabarkan mengalami kerugian hingga Rp 11 triliun, kini BlackBerry telah diakuisisi atau dibeli oleh sebuah perusahaan bernama Fairfax Financial Holdings dengan nilai akuisisi sebesar US $4,7 miliar atau sekitar Rp 54 triliun. 

Perusahaan asal Kanada ini mengumumkan bahwa pihaknya telah menandatangani surat perjanjian akuisisi dengan konsorsium yang dipimpin oleh Fairfax Financial Holdings senilai Rp 54 triliun. Kesepakatan ini akan membuat pemegang samah BlackBerry menerima $9 untuk setiap saham yang dimiliki.

Sebelum kesepakatan akuisisi ini, Fairfax Financial Holdings diketahui telah memiliki 10% saham dari BlackBerry. Kesepakatan antara BlackBerry dengan Fairfax Financial ini belum benar-benar selesai karena harus mencari dukungan finansial dari Merril Lynch dan BMO Capital Market yang telah membentuk panitia khusus sejak Agustus 2013 lalu.

Tim panitia khusus yang telah dibentuk tersebut bertugas untuk meninjau dan mengkaji alternatif strategis untuk BlackBerry terkait kesepakatan dengan Fairfax Financial Holdings. Hal ini berkaitan dengan masa depan bisnis perusahaan asal Kanada tersebut.

“Panitia khusus bertugas untuk mencari yang terbaik hasil yang tersedia untuk konstituen perusahaan, termasuk bagi pemegang saham. Yang penting , proses go-shop memberikan kesempatan untuk menentukan apakah ada alternatif yang lebih baik dari usulan hadir dari konsorsium Fairfax “, kata Barbara Stymiest, Ketua Dewan Direksi BlackBerry.

Seperti yang dilansir dari Slashgear (23/09/2013), CEO Fairfax Financial menunjukkan bahwa pihaknya bertujuan memberikan nilai pada pemegang saham BlackBerry dan bekerja dengan strategi jangka panjang untuk memberikan solusi yang baik dan aman untuk pelanggan BlackBerry seluruh dunia.

Komentar Anda

Leave A Response