Scroll to Top

Evan Dimas, Kapten Timnas Indonesia U19 yang Tak Diakui PSSI

By Aditya / Published on Thursday, 26 Sep 2013

timnas indonesia u19 evan dimas vietnam

Selama AFF Cup U19 2013, Evan Dimas menjadi salah satu pemain yang paling menonjol di Timnas Indonesia U19. Kapten Timnas Indonesia U19 ini pun sukses mengantarkan tim Garuda Muda meraih juara setelah mengandaskan Vietnam. Tapi, hingga kini, PSSI belum mengakui status Evan Dimas sebagai pemain profesional kendati telah berhasil memimpin Timnas Indonesia U19 menjuarai AFF Cup U19. Mengapa?

Persoalan kepentingan kelompok dan egoisme tampaknya masih berperan di sini. Evan Dimas adalah pemain didikan Persebaya 1927, tim asal Surabaya yang berlaga di kompetisi Indonesia Premier League (IPL).

Seperti diketahui, Persebaya mengalami dualisme klub. Selain Persebaya 1927 yang berkompetisi di IPL dan bernaung di bawah PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS), masih ada Persebaya lainnya yang berlaga di Divisi Utama PT Liga Indonesia.

Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI yang digelar pada bulan Maret 2013 silam telah mengubah kendali persepakbolaan nasional. Persebaya 1927 yang sebelumnya diakui oleh kepengurusan PSSI sebelum KLB, kini mengalami nasib terbalik.

PSSI telah memutuskan bahwa Persebaya yang asli dan resmi adalah tim Bajul Ijo yang berlaga di Divisi Utama PT Liga Indonesia, bukan Persebaya 1927 IPL. Tak pelak, situasi ini berimbas terhadap status Evan Dimas yang belum mendapat pengakuan dari PSSI karena masih bernaung di klub yang tidak diakui oleh PSSI, yakni Persebaya 1927.

Beberapa kalangan menilai, seharusnya PSSI tidak perlu lagi mempersoalkan dari klub mana Evan Dimas berasal. Yang jelas, ia telah memberikan yang terbaik atas nama kepentingan bangsa dan negara.

Selain itu, Persebaya 1927 pun telah mengizinkan Evan Dimas memperkuat Timnas Indonesia kendati klub papan atas IPL itu tidak diakui oleh PSSI. Hingga kini, ujung dari persoalan ini masih belum jelas. Nah, apa pendapat Anda tentang maslah yang menyangkut status Evan Dimas ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda