Dopamin dan Serotinin: Dua Hormon Otak Pembuat Bahagia

Rasa bahagia dan nyaman dipengaruhi oleh aktivitas hormon serotinin dan dopamin. Kedua hormon ini berada di otak dan berproduksi secara alami. Dopamin, misalnya, jumlahnya meningkat seiring seseorang tidur nyenyak, berolahraga, atau pun sedang melakukan seks. Maka, tidak heran jika seseorang melakukan kegiatan tersebut seringkali mendapatkan rasa tenang dan nyaman.

Produksi serotinin maupun dopamin bisa didongkrak pula dengan mengonsumsi makanan tertentu. Dan, terapi kebahagiaan dengan makanan bisa dilakukan dengan mudah. Untuk meningkatkan hormon dopamin, Anda bisa mengonsumsi seafood — terutama ikan laut — atau kenari dalam menu makan. Atau, bisa juga mengonsumsi coklat yang mengandung phenylethylamine. Zat ini merangsang pembentukan dopamin.

Sedangkan, untuk menghasilkan hormon serotinin, Anda memerlukan asupan triptofan minimal 250 miligram. Seperti dikutip Deutsche Welle, bersama enzim sel syaraf, triptofan akan menghasilkan serotinin yang membuat diri Anda bahagia. Makanan yang bisa Anda konsumsi seperti coklat, sereal dengan yoghurt, atau seafood.

Pisang juga sangat baik untuk peningkatan serotinin. Karena, buah ini mempunyai kadar triptofan yang tinggi. Selain bermanfaat dalam produksi serotinin, triptofan juga meningkatkan pelepasan hormon pertumbuhan dan menekan nafsu makan. Cocok juga buat Anda yang lagi diet.

Komentar Anda

Leave A Response