Scroll to Top

FB dan Google Jalin Kerjasama Wujudkan Akses Internet Lebih Terjangkau

By Ibnu Azis / Published on Tuesday, 08 Oct 2013

Facebook Bug

Beberapa nama perusahaan teknologi besar telah berkerjasama menandatangani sebuah inisiatif untuk menekan biaya akses internet di negara berkembang. Diantaranya adalah FB dan Google. Apa di balik rencana mereka untuk membuat akses internet lebih terjangkau?

Google telah bermitra dengan U.S. Agency for International Development dan UK Department of International Development untuk menciptakan sebuah koalisi baru yang bernama ‘aliansi untuk internet terjangkau’ atau Alliance for Affordable Internet.

Koalisi yang dibentuk pada Senin kemarin selain menggandeng Facebook juga mengajak tak kurang 30 perusahaan teknologi besar macam Yahoo! dan Microsoft. Selain itu aliansi ini juga mengajak sang penemu World Wide Web Tim Berners-Lee.

Menurut aliansi di atas, saat ini 91% dari 1,1 miliar rumah di dunia – terutama di negara berkembang – tidak memiliki akses internet. Alasan mereka urung memasang akses internet terkait dengan mahalnya biaya langganan.

Sebagai pembanding, di negara maju biaya broadband hanya sekitar 1,7% dari pendapatan bulanan rata-rata. Sedangkan di negara berkembang angkanya capai 31% dari pendapatan bulanan rata-rata. Data ini per tahun 2012. Koalisi raksasa ini bertujuan untuk menekan biaya tersebut hingga di angka 5%.

“Mereka belum online karena belum mampu (biaya). Alhasil terjadi kesenjangan digital yang memperlambat kemajuan vital seperti kesehatan, pendidikan, dan ilmu pengetahuan,” ujar Tim Berners-Lee, penemu WWW.

Aliansi yang bertujuan menekan biaya langganan internet ini akan mendorong langkah-langkah strategis guna membantu menurunkan biaya akses. Mereka akan membantu soal infrastruktur seperti kabel bawah laut serta spektrum nirkabel.

Sebelumnya, Hillary Clinton, mantan Menteri Luar Negeri AS pernah miliki wacana serupa untuk membuat aliansi internet bersama antara lembaga publik dan swasta sebelum ia mundur pada bulan Februari lalu.

Kala itu ia berujar jika ingin membawa internet ke miliaran orang yang belum terjangkau. Sayangnya niatan itu kandas bahkan sebelum sempat dimulai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda