Scroll to Top

Cenote: Keajaiban Dunia dari Meksiko

By Ilham Choirul / Published on Monday, 21 Oct 2013

cenote

Semenanjung Yucatan yang ada di negara Meksiko memiliki keajaiban dunia yang sangat mengagumkan. Di sana terdapat cenote, sebuah lubang besar yang muncul karena turunnya lapisan bebatuan ke arah bawah. Walhasil lubang tersebut menganga besar dengan bagian dasar terisi oleh air dari hujan maupun air bawah tanah.

Lubang-lubang ini memiliki lapisan penyusun berupa batu kapur. Batuan memiliki pori yang berpotensi untuk anjlok lapisannya. Terbentuknya cenotes memerlukan waktu hingga jutaan tahun. Prosesnya diawali dari erosi batu kapur berpori yang disokong dari curah hujan. Air ini masuk ke dalam pori dan perlahan menghanyutkan lapisan-lapisan yang ada. Dalam jangka panjang, terkikisnya bebatuan kapur ini membentuk gua-gua bawah tanah.

Selanjutnya, cenote lahir tatkala lapisan atas gua mendadak anjlok ke bawah. Runtuhnya atap gua memunculkan lubang besar di atas. Ketika air mulai mengisi lapisan dasar gua, Cenote berbentuk seperti sebuah kolam raksasa yang dikelilingi tembok kokoh. Di Semenanjung Yucatan diperkirakan ada 7.000 cenote yang terbentuk secara alami.

Namun tidak semua cenote dipenbuhi oleh air di dasarnya. Cenote yang terbesar memiliki diameter sampai puluhan meter, seperti yang terdapat di Chichen Itza. Air yang mengisi cenote kerap dimanfaatkan untuk berenang oleh para pengunjung. Ada pula yang melakukan penyelaman di air untuk mengeksplorasinya.

Cenote yang dianggap terbaik adalah Cenote Zaci yang ada di Valladolid. Cenote lain yang difungsikan untuk pariwisata yaitu Cenote San Ignacio di Chochola dan Cenote Sambula di Motul.

cenote

cenote

cenote

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda