Scroll to Top

Liga Inggris: Jaap Stam Adalah Penyesalan Terbesar Sir Alex Ferguson

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 22 Oct 2013

Jaap Stam

Selama 27 tahun menangani Manchester United, tentu banyak suka duka yang dialami oleh Sir Alex Ferguson. Namun jika Anda menanyakan sesuatu yang paling disesalinya, maka Fergie akan menjawab dengan tegas: Jaap Stam!

Fergie bukan menyesal karena telah membeli Stam pada 1998 lalu. Namun sebaliknya, ia menyesal karena telah menjual Stam ke Lazio pada 2001 silam tanpa berpikir panjang terlebih dahulu.

“Ketika saya berpikir tentang kekecewaan, tentu saja Jaap Stam selalu menjadi satu penyesalan tersendiri bagi saya. Saya telah membuat keputusan yang buruk saat itu,” jelas Fergie.

Seperti yang dikisahkan Stam dalam buku autobiografinya, rencana penjualan dirinya kala itu berlangsung cukup menarik. Ceritanya adalah ketika Stam selesai menjalani latihan di klub dan bergegas pulang. Ketika sedang berada di pom bensin, ia mendapat telepon dari Fergie dan memintanya menunggu disana. Dan kisah Stam bersama United pun berakhir pula di pom bensin tersebut.

“Suatu pagi saya pergi meninggalkan latihan dan ketika dalam perjalanan ke rumah, saya mendapat telepon dari sekretaris Fergie yang mengatakan bahwa Fergie ingin berbicara dengan saya,” cerita Stam.

“Fergie bertanya saya ada dimana, dan saya menjawab bahwa saya ada di pom bensin dekat rumah saya. Fergie kemudian segera menaiki kendaraannya dan menyusul saya ke pom bensin tersebut.”

“Setelah sampai disana, Fergie segera memarkir mobilnya dan berbincang dengan saya. Ia berkata bahwa saya akan dijual dan meminta saya menerima tawaran Lazio. Sebuah pembicaraan singkat di pom bensin yang membuat saya pergi meninggalkan sebuah klub besar.”

Pada akhirnya, Stam memang benar dijual ke Lazio yang kala itu memberikan uang balasan senilai 15,3 juta pounds pada United.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda