Scroll to Top

Kebiasaan yang Bisa Membuat Rambut Rusak

By Ilham Choirul / Published on Friday, 25 Oct 2013

rambut rusak

Kerusakan rambut bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk yang Anda lakukan sendiri. Faktor dari luar muncul karena Anda kurang peduli dalam melakukan perawatan. Dikutip dari Times of India, berikut ini beberapa kebiasaan buruk penyebab rambut rusak:

  1. Mandi dengan air hangat atau panas. Uap panas pada air dapat merusak akar rambut dan menyingkirkan pelembab alami di kulit kepala. Jika mandi dengan air hangat, akhiri dengan membilasnya memakai air dingin.
  2. Memakai peralatan rambut yang keras bagi kepala. Misalnya adalah catok yang mempunyai suhu cukup tinggi saat mmengenai rambut. Hal ini dapat merusak lapisan kutikula rambut. Untuk mencegah kerusakan sebaiknya memakai serum atau semprotan antipanas sebelum menggunakan alat.
  3. Diet ketat. Saat proses diet kadangkala orang tidak memerhatikan gizi yang diperlukan tubuh, termasuk untuk kepala. Padahal rambut butuh protein untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatannya. Beberapa makanan yang baik untuk rambt yaitu ikan, telur, dan kacang.
  4. Menata rambut saat basah. Pada rambut basah sebaiknya tidak dipaksakan untuk dilakukan styling. Menyisir rambut, menyanggul, atau mengikat gaya ekor kuda bisa mengurangi kekuatannya. Keringkan dahulu menggunakan handuk sebelum menata rambut Anda.
  5. Rambut tidak bersih. Rambut kotor adalah awal dari kerontokan dan hilangnya kemilau. Jangan lupa lakukan keramas secara rutin dengan sampo yang memiliki bahan antiketombe.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda