Scroll to Top

Opal: Batu Mulia yang Harganya Melebihi Rubi dan Zamrud

By Ilham Choirul / Published on Monday, 28 Oct 2013

opal

Ada sebuah batu mulia yang keindahannya menyamai berlian dan berbagai jenis batu berharga lainnya. Namanya adalah opal. Tingkat kekerasannya atau karat yang tinggi menyebabkan harganya selangit. Setiap karatnya bisa dihargai setara dengan penjualan berlian paling mahal, seperti rubi dan zamrud.

Keistimewaan opal terletak pada kilauannya yang tajam. Saat batu ini terkena cahaya, spektrum cahaya akan membias dengan kecermelangan melebihi berlian. Pendaran cahaya yang umumnya keluar adalah putih, abu-abu, merah, oranye, kuning, hijau, biru, magenta, mawar, merah muda, batu tulis, zaitun, coklat, dan hitam. Umumnya pendaran berwrana putih dan hijau. Namun jika mendapatkan opal dengan dominasi pendaran merah dengan hitam, maka harganya sangat mahal karena termasuk langka.

Keunikan lainnya yaitu pada spesimen langka akan menhasil warna yang berkedip ketika mendapatkan cahaya yang terang. Di samping itu, seringkali opal seakan memiliki sebuah cerita dari berbagai makhluk hidup kecil yang terjebak di dalam batu setelah sekian ratus tahun.

Seperti opal yang ditemukan di distrik Welo, Ethiopia, baru-baru ini. Opal tersebut tampak memuat seperti miniatur kehidupan bawah laut. Efek tersebut keluar saat opal dikenai cahaya. Dan, harga opal dari Welo ini ditaksir sangat mahal.

Berburu batu mulia sarat dengan keuntungan materi yang cukup tinggi. Semakin tinggi kekerasan batu, makin besar pula nilai jualnya.

opal

opal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda