Scroll to Top

Ricardo Waliwalang, Wonderkid Papua Masa Depan Indonesia

By Aditya / Published on Monday, 28 Oct 2013

Ricardo Waliwalang Timnas Indonesia

Usianya baru menginjak 14 tahun, namun potensi Ricardo Waliwalang sudah sangat terlihat. Bocah ajaib asli Yahukimo, Papua, ini adalah playmaker andalan di Timnas Indonesia U14.  Meskipun masih sangat belia, namun aksi Ricardo Waliwalang sangat memikat. Bahkan, pelatih Indra Sjafri dikabarkan berminat merekrutnya ke Timnas Indonesia U19.

Memiliki visi dalam bermain, menjadi motor serangan, piawai mengirim umpan matang, berstamina prima, jago mencetak gol, sera mempunyai kecepatan lari di atas rata-rata adalah sederet keistimewaan yang dimiliki oleh Ricardo Waliwalang. Bahkan, saking kencangnya ia berlari, Ricardo Waliwalang kerap dijuluki dengan sebutan “pengejar angin dari Yahukimo”.

Di ajang Japan-East Asean Football Exchange Programme U14 Youth Football Festival 2012 yang digelar pada bulan Juni 2012 yang baru lalu, peran Ricardo Waliwalang bagi Timnas Indonesia U14 sangat krusial.

Ricardo Waliwalang memimpin rekan-rekannya menahan tuan rumah Jepang dengan skor 1-1. Di laga kedua melawan Filipina, ia  mencetak 1 gol untuk menggenapi kemenangan Indonesia menjadi 2-0.

Ricardo Waliwalang Timnas Indonesia

Aksi Ricardo Waliwalang lebih hebat lagi di pertandingan ketiga kontra Brunei Darussalam. Si anak Papua kelahiran 6 September 1998 itu sukses membuat hattrick dan melengkapi pesta gol Indonesia atas Brunei dengan skor 5-0, dilanjutkan dengan kemenangan tipis 1-0 atas Singapura.

Kemudian, saat menghadapi rival abadi Malaysia, Ricardo Waliwalang memborong 2 gol meskipun laga berakhir dengan skor imbang 2-2. Hasil ini membuat Indonesia menempati peringkat 2 di klasemen akhir dari 6 tim peserta, sedangkan tuan rumah Jepang menjadi pemuncak klasemen.

Terlepas dari hasil akhir yang didapat, Ricardo Waliwalang tampaknya telah mendapat kesan khusus di mata Indra Sjafri. Lalu, apakah sang pelatih benar-benar berniat memasukkan nama Ricardo Waliwalang di Timnas Indonesia U19? Jika benar, maka Ricardo Waliwalang akan menjadi pemain termuda yang ada di skuat Garuda Jaya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda