Scroll to Top

6 Kesalahan Saat Mencuci Muka

By C Novita / Published on Tuesday, 29 Oct 2013

kesalahan cuci muka

Mencuci muka dapat membuat wajah lebih bersih dan segar. Namun ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mencuci muka, sehingga berakibat cukup buruk bagi kulit wajah. Apa saja kesalahan yang biasanya dilakukan saat seseorang cuci muka? Berikut seperti dilansir oleh Liputan6.

  1. Terlalu sering. Walau mencuci muka baik, namun bila dilakukan terlalu sering juga berakibat tak baik. Wajah bisa kehilangan pelembab alaminya dan berubah menjadi kering. Apalagi bila Anda menggunakan produk sabun wajah setiap kali mencuci muka. Cukup 1-2 kali saja agar kulit tetap sehat.
  2. Sabun wajah yang salah. Pilihlah sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Produk yang baik biasanya tak banyak mengandung parfum, dan seminimal mungkin bahan kimia.
  3. Suhu air. Ada mitos yang mengatakan bahwa suhu air yang dingin akan membuat pori kulit wajah menutup, dan air hangat akan membuka pori kulit. Padahal pori kulit tak punya otot untuk membuka dan menutup. Suhu terbaik air untuk mencuci muka adalah hangat, sebab kotoran berupa minyak sebum akan mudah hilang.
  4. Handuk kasar. Mengeringkan wajah dengan handuk kasar, apalagi menggosok dengan kasar pula, bisa merusak kulit. Cukup tepuk-tepuk wajah dengan handuk lembut bila hendak mengeringkannya.
  5. Kurang bersih. Sisa make up yang tidak bersih akan bertumpuk di kulit wajah, dan membuat pori kulit tersumbat. Jadi, bila hendak membersihkan wajah dengan mencuci muka, usahakan untuk melakukannya secara sempurna.
  6. Menghindari menggunakan minyak. Melakukan pemijatan wajah dengan minyak zaitun atau minyak kelapa murni biasanya dihindari. Padahal kedua jenis minyak itu baik untuk kelembaban wajah dan membantu proses pemijatan. Tak apa memakai jenis minyak tersebut, asal setelahnya Anda membersihkan wajah secara sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda