Scroll to Top

Samsul Arif, Kembalinya Si Anak Hilang ke Pelukan Garuda

By Raditya / Published on Friday, 01 Nov 2013

samsul arif timnas indonesia

Samsul Arif mengawali comeback-nya ke Timnas Indonesia senior dengan aksi gemilang. Dua assist penyerang Persela Lamongan ini sukses dituntaskan oleh Zulham Zamrun menjadi gol untuk melengkapi kemenangan Timnas Indonesia atas Kirgistan dengan skor 4-0 pada laga ujicoba internasional di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Jumat (1/11/2013) malam.

Dua gol Timnas Indonesia lainnya dicetak oleh Titus Bonai dan Ahmad Jupriyanto di babak kedua. Kemenangan telak 4-0 atas Kirgistan ini tentunya menjadi modal berharga bagi skuat asuhan Jacksen F. Tiago untuk mengarungi sisa laga Kualifikasi Piala Asia 2015 melawan trio raksasa Asia, yakni China, Irak, dan Arab Saudi.

Satu hal yang patut disorot di balik kemenangan Indonesia atas Kirgistan adalah kembalinya si anak hilang Samsul Arif. Kiprah striker berusia 28 tahun ini di Timnas Indonesia senior sempat tenggelam setelah pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada bulan Maret 2013 silam yang diikuti dengan perombakan total di tubuh Timnas Indonesia.

Sebelum KLB atau saat PSSI masih mengalami kisruh internal, Samsul Arif menjadi salah satu pemain yang paling diandalkan di Timnas Indonesia yang saat itu diasuh oleh Nil Maizar. Maklum, Nil Maizar memang hanya bisa memaksimalkan para pemain dari Indonesia Premier League (IPL) karena klub-klub Indonesia Super League (ISL) saat itu menolak mengirimkan pemainnya ke Timnas Indonesia.

Kala itu, Samsul Arif masih memperkuat Persibo Bojonegoro yang berkiprah di IPL. Pemain asli Bojonegoro ini pun menjadi tumpuan utama di lini serang Timnas Indonesia asuhan Nil Maizar bersama Irfan Bachdim (Persema Malang), Andik Vermansyah (Persebaya 1927), dan Bambang Pamungkas yang nekat membela tim Garuda meskipun dilarang oleh klubnya, Persija Jakarta.

Kini, setelah beberapa lama disisihkan, Samsul Arif kembali dipanggil oleh Jacksen F. Tiago menyusul absennya beberapa penyerang timnas, seperti Greg Nwokolo dan Sergio van Dijk yang masih mengalami cedera. Samsul Arif pun menjawab kepercayaan Jacksen F. Tiago dengan tampil apik saat melawan Kirgistan. Masa depannya di Timnas Indonesia pun kembali terbuka lebar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda