Scroll to Top

Rya Fitria KDI, Pedangdut Penerima 900 Juta dari Akil Mochtar

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 05 Nov 2013

Rya Fitria KDI, Pedangdut Penerima 900 Juta dari Akil Mochtar

Rya Fitria, penyanyi dangdut  jebolan KDI (Kontes Dangdut Indonesia) kini menjadi sasaran media. Mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar pernah mentransfer uang sebesar 900 juta kepadanya. Uang tersebut digunakan Akil sebagai transaksi bisnis terkait dengan pencalonannya sebagai Gubernur Kalimantan Barat pada tahun 2006 hingga 2007.

Melalui pengacara Akil, Otto Hasibuan, transfer sebanyak itu sama sekali tidak berkaitan dengan hubungan pribadi. Kata sang pengacara pada Senin (4/11), “Tak ada hubungan pribadi. Jangan diberitakan seakan-akan ada hubungan pribadi. Kasihan orang-orang itu.”

Kisah pemberian uang ini sudah terjadi beberapa tahun lalu. Rya merupakan salah satu penyanyi dangdut yang diorder Akil Mochtar untuk memeriahkan kampanyenya. Rya Fitria diminta Akil mengisi acara di sekitar 17 hingga 20 titik selama pencalonannya sebagai gubernur.

“Akil Mochtar pernah mencalonkan diri jadi gubernur tahun 2006-2007. Jadi tentunya mereka kan kontrak beberapa penyanyi. Rya mendapatkan 17 atau 20 titik. Tapi, yang pasti Pak Akil membayar penyanyi, tidak hanya satu orang,” tambah Otto seperti dilansir detik.

Angka 900 juta tersebut, muncul dari pelacakan PPATK (Pusta Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan). Dalam laporannya, PPATK menyebutkan, setiap bulan Akil rutin menyetor uang dalam jumlah bervariasi kepada Rya Fitria. Angkanya sekitar 8 hingga 10 juta.

Namun, Otto Hasibuan menampik jika angkanya bisa mencapai 900 juta. Katanya, “Pak Akil bilang dia nggak liat, tapi dia nggak yakin sejumlah itu (Rp 900 juta). Kecuali untuk semua transaksi yang lain. Ada yang dibayar Rp 60 juta, ada juga yang Rp 15 juta.”

Sebaliknya, Rya KDI mengaku bahwa ia memang menerima uang dalam jumlah besar. Katanya, jasa Rya selalu dilunasi sebelum manggung, dengan biaya sekali tampil sebesar 7,5 juta hingga 15 juta.

“Pak Akil menyuruh saya menyanyi, tidak perlu bertemu langsung. Saya minta sehari sebelum nyanyi dilunasi. Kan nggak mungkin saya berangkat tanpa transportasi. Bayarannya ada yang Rp 7,5 juta, Rp 10 juta, dan Rp 15 juta.”

Rya KDI juga menampik adanya hubungan asmara dengan Akil Mochtar yang mantan politikus Golkar. Ia mengaku sudah memilik suami, dan Akil sendiri datang ke acara pernikahannya.

Foto: itoday.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda