Scroll to Top

Mengakses Twitter Dan Facebook Di Tempat Kerja Tingkatkan Resiko Keamanan

By Aisyah Indarsari / Published on Saturday, 01 Oct 2011

Jika suatu saat jaringan internet perusahaan tempat Anda bekerja diserang hacker, maka ada kemungkinan Anda ikut andil dalam prosesnya. Bagaimana mungkin?

Inilah hasil studi yang dikemukakan oleh Ponemon Institute, seperti yang diberitakan AllTwitter. Organisasi penelitian ini melakukan polling terhadap 4.640 perusahaan di seluruh dunia.

Hasilnya, lebih dari separuhnya mengaku bahwa intensitas serangan terhadap jaringan computer perusahaan mereka semakin meningkat karena adanya akses ke jejaring sosial yang digunakan oleh karyawan mereka.

“Mayoritas serangan dipicu oleh teknologi sosialisasi masa kini”, kata Patrick Runald, seorang peneliti di San Diego. Lebih lanjut ia menengarai bahwa kemungkinan banyak diantara karyawan yang mengakses jejaring sosial dari kantor, tertipu untuk meng-klik link-link berbahaya yang mereka tidak sadar mengandung malware, virus atau bahkan memicu tindakan merugikan yang dilakukan para hacker.

“Banyak organisasi/perusahaan yang belum menerapkan kebijakan penggunaan jejaring sosial di kantor”, kata Larry Ponemon, direktur dan pendiri Ponemon Institute. “Sebuah kebijakan yang tidak dijalankan dengan tegas, tidak akan ada artinya”.

Jika kantor Anda termasuk beberapa perusahaan di Indonesia yang sudah menerapkan kebijakan penggunaan jejaring sosial di kantornya, Anda lebih baik berlapang dada dengan kebijakan tersebut.

Karena selain tujuan utamanya agar efektivitas kerja Anda tidak terganggu, tentu saja menghindari serangan dalam jaringan seperti ini adalah salah satu manfaatnya.

Bisa Anda bayangkan, jika ada oknum pegawai yang melanggar tata tertib/kebijakan ini, hingga sampai terjadi jaringan computer kantor Anda dibobol para hacker tidak bertanggung jawab, dampaknya kurang lebih akan Anda rasakan juga, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda