Scroll to Top

Liga Inggris: Satu Sisi Cacat Arsenal Adalah di Lini Depan!

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 12 Nov 2013

Nick Bendtner

Arsenal akhirnya menelan kekalahan keduanya di Liga Inggris musim ini sekaligus mencatat pertandingan pertama mereka tanpa sebuah gol kala takluk dari Manchester United dengan skor 1-0 akhir pekan kemarin. Kekalahan itu sebenarnya bisa dihindari andai Arsenal punya mesin gol dengan kualitas setara atau lebih baik dari Olivier Giroud!

Faktanya memang demikian. Dari beberapa klub penghuni papan atas hingga menengah musim ini, Arsenal merupakan tim dengan materi lini depan paling buruk. Mereka memang punya Giroud yang telah membuktikan ketajamannya sejauh ini. Namun masalahnya adalah pada pemain pelapis: Nicklas Bendtner. Dan sialnya, memang hanya Bendtner lah striker pelapis Giroud musim ini. Yaya Sanogo? Ia masih terlalu muda dan awam untuk bersaing di liga seketat Premier League.

Pada bursa transfer musim panas lalu, Arsene Wenger memutuskan untuk menjual Gervinho ke AS Roma dan Marouane Chamakh ke Crystal Palace. Bukan tanpa sebab tentunya Wenger melakukan hal itu. Ia berharap bisa mendatangkan striker baru yang lebih tajam. Namun hasil akhirnya? Tak ada nama baru yang masuk sesuai harapan dan membuat Wenger harus mengandalkan Bendtner, striker yang performanya jauh menurun dan sulit diharapkan untuk bersaing di level tertinggi.

Hal tersebut justru tak dialami tim lain. Tak percaya? Liverpool punya duet Luis Suarez dan Daniel Sturridge. Mereka punya pelapis seperti Iago Aspas dan Raheem Sterling yang bisa diandalkan. MU punya Robin van Persie dan Wayne Rooney dengan pemain pelapis yang tak kalah berkualitas macam Danny Welbeck dan Javier Hernandez.

Giroud-Bendtner

Chelsea? Fernando Torres, Samuel Eto’o, dan Demba Ba sudah cukup untuk menjadi amunisi di lini depan. Sementara Manchester City tak kalah wah dengan keberadaan Sergio Aguero, Alvaro Negredo, dan Edin Dzeko.

Tim kuda hitam lain malah lebih baik dari Arsenal soal materi striker. Southampton yang nangkring di posisi tiga punya Rickie Lambert, Jay Rodriguez, dan Pablo Osvaldo. Everton punya Romelu Lukaku, Nikica Jelavic, dan Kevin Mirallas. Tottenham Hotspur juga tak kalah dengan Roberto Soldado, Jermain Defoe, dan Erik Lamela meski ketajaman mereka masih memprihatinkan.

Beberapa waktu lalu, Giroud yang telah mengemas lima gol musim ini sedikit membuka bobrok Arsenal musim ini. Sang striker andalan mengaku kelelahan karena terus dimainkan dalam tiap laga dan menyatakan ia butuh istirahat. Itu artinya, Giroud memberi kesempatan pada Bendtner untuk bermain di lini depan.

“Saya memang merasa baik-baik saja. Namun saya butuh istirahat dan saya akan membicarakannya dengan bos (Wenger). Saya sudah memainkan banyak pertandingan musim ini,” ujar Giroud beberapa waktu lalu.

Olivier Giroud

Untungnya, Wenger agaknya sudah paham dengan masalah timnya musim ini. Percuma saja mereka punya penyuplai umpan sekelas Mesut Ozil, Santi Cazorla, Theo Walcott, Aaron Ramsey, Jack Wilshere, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Mikel Arteta jika tak punya striker yang tajam, dalam artian adalah pelapis bagi Giroud.

Beberapa nama kini sudah menjadi target Wenger. Diantaranya adalah Chicharito (MU), Karim Benzema (Real Madrid), dan Fernando Llorente (Juventus).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda