Scroll to Top

Mengenal Tanda-Tanda Kehamilan

By Ilham Choirul / Published on Friday, 15 Nov 2013

hamil

Menanti kehadiran buah hati mungkin menjadi salah satu aktivitas pengantin baru. Mereka biasanya masih sangat menggebu melakukan hubungan intim sembari mengharapkan istri segera hamil. Tanda yang paling terlihat yaitu istri tidak mengalami haid pada bulan berikutnya. Namun itu juga belum tentu tanda hamil. Bisa jadi, ada perubahan hormonal yang membuat datang bulan agak terlambat.

Namun bagi wanita yang memang positif hamil, ada serangkaian tanda yang muncul. Dikutip dari situs Parenting, biasanya wanita mendapati kurang lebih 10 tanda kehamilan yaitu:

  1. Payudara membesar. Ini bisa dilihat dari cup payudara seolah tidak menampung payudara dengan nyaman. Kadang juga muncul nyeri sewaktu disentuh.
  2. Merasakan cepat lelah. Badan seolah malas diajak untuk beraktivitas karena lelah.
  3. Mual. Keinginan ingin muntah ini bisa terjadi sepanjang hari. Dalam keadaan ini wanita mengalami perubahan hormonal dan plasenta mulai terbentuk.
  4. Sering buang air kecil. Kebiasaan ini sering terjadi di malam hari.
  5. Sakit kepala. Wajar kalau saat hamil mengalami sakit ini. Jika ingin makan obat, pilih obat dengan acetaminophen dibanding ibuprofen.
  6. Sakit punggung. Terutama terdapat sakit pada punggung bawah. Nyeri ini biasanya akan menetap sampai kelahiran.
  7. Perut mengalami kram. Mungkin tandanya seperti mau mengalami haid. Tapi, hamil juga bisa ditandai dengan gejala ini.
  8. Merasakan ngidam. Wanita hamil bisa mengalami perubahan mood mendadak terhadap makanan. Dia ingin makan ini-itu, dan sebaliknya juga menolak untuk mengonsumsi makanan tertentu.
  9. Positif saat dilakukan pengecekan dengan test pack. Jika hasil test pack sudah menunjukkan tanda positif, kemungkinan besar memang hamil. Selanjutnya lakukan pengecekan laboratorium untuk memastikan.
  10. Ada janin di dalam rahim. Ini bisa dicek melalui pemeriksaan USG. Anda akan melihat benda kecil berdenyut di dalam rahim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda