Scroll to Top

Asrock Rilis Motherboard Khusus untuk Menambang Bitcoin

By Ditya / Published on Monday, 18 Nov 2013

Asrock Bitcoin

Maraknya mata uang digital Bitcoin akhir-akhir ini membuat Asrock tergerak untuk meluncurkan motherboard yang didesain khusus untuk menambang Bitcoin. Dua motherboard khusus Bitcoin yang telah diluncurkan oleh Asrock adalah H61 Pro BTC dan H81 Pro BTC. Apa saja kelebihannya? Simak ulasan berikut ini.

Mata uang digital Bitcoin dapat ditambang atau dibuat dengan menggunakan sebuah perangkat lunak yang memanfaatkan kinerja prosesor, FPGA (Field  Progammable Gate Array), dan juga GPU (Graphics Processing Unit). Semakin tinggi kinerja prosesor an grafis dugunakan, maka akan lebih banyak Bitcoin yang dihasilkan. Asrock mengakomodasi hal ini dengan meluncurkan mainboard H61 Pro BTC dan H81 Pro BTC.

Asrock H61 Pro BTC
Asrock H61 Pro BTC

Apa sebenarnya Bitcoin itu? Bitcoin adalah sebuah mata uang virtual atau juga bisa disebut sebagai mata uang elektronik yang dikembangkan oleh Satoshi Nakamoto. Bitcoin ini memiliki sifat yang unik, salah satunya adalah tidak tergantung pada penerbit utama.

Tak hanya itu, Bitcoin ini juga memperbolehkan pemiliknya untuk menyembunyikan identitasnya atau anonymous. Lalu berapa nilai Bitcoin ini? Nilai tukar Bitcoin terhadap dolar Amerika Serikat cukup fantastis, yakni 1 Bitcoin senilai US $450.

Motherboard Asrock H61 Pro BTC ini menggunakan chipset Intel H61 yang didesain khusus untuk menghasilkan Bitcoin dan membidik pasar entry-level dan menengah. Motherboard H61 Pro BTC besutan Asrock ini menawarkan sebuah slot PCIe x16 dan lima slot PCIe x1.

Asrock H81 Pro BTC
Asrock H81 Pro BTC

Sedangkan Asrock H81 Pro BTC membidik pasar kelas menengah atas dengan bertenagakan chipset Intel H81. Asrock H81 Pro BTC ini juga menawarkan sebuah slot PCIe x16 dan lima slot PCIe x1, serta dukungan untuk prosesor Intel generasi Haswell yang menggunkan soket LGA 1150.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (16/11/2013), sampai saat ini Asrock belum membeberkan harga dari kedua motherboard yang didesain khusus untuk menambang Bitcoin ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda