Scroll to Top

Ini Jadwal Pemberian Imunisasi Bagi Bayi Anda

By C Novita / Published on Monday, 18 Nov 2013

imunisasi

Anjuran untuk memberikan imunisasi bagi bayi yang baru lahir hingga usia beberapa bulan, memiliki alasan tersendiri. Bayi pada awal masa kelahirannya memang secara otomatis akan mendapat kekebalan alami yang diberikan oleh ibu melalui inisiasi dini. Namun kekebalan tersebut tak berlangsung lama dan biasanya dapat berlaku untuk jenis penyakit tertentu saja.

Antibodi alami ini akan makin menipis dan kondisi bayi rentan diserang oleh berbagai jenis penyakit. Sebab itulah maka pihak medis menyarankan pemberian imunisasi agar kekebalan tubuh bayi terhadap beberapa penyakit tertentu makin meningkat.

Bentuk imunisasi ada beberapa, yaitu dengan disuntik ke tubuh bayi atau vaksin yang diteteskan melalui mulut. Sebenarnya sudah banyak kampanye mengenai pentingnya imunisasi bagi bayi. Namun sedikit sekali yang memberikan jadwal lengkap kapan seharusnya imunisasi tersebut diberikan.

Jika ibu rajin membawa bayi ke posyandu, puskesmas, atau dokter untuk kontrol, maka ada kartu khusus yang berisi jadwal pemberian imunisasi lengkap. Namun untuk lebih prkatisnya, berikut adalah jadwal pemberian imunisasi yang dapat Anda lihat, agar tak terlambat membawa bayi Anda imunisasi:

Jadwal imunisasi:

  1. BCG: Saat bayi baru lahir hingga usia 3 bulan (1 kali saja)
  2. Hepatitis B: Saat bayi baru lahir, dan saat usia 1 bulan (2 kali).
  3. Polio: Usia 2, 4, 6, dan 18-24 bulan (4 kali)
  4. DPT: Usia 2, 4, 6, dan 18-24 bulan (4 kali)
  5. Campak: usia 9 bulan

Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi bidan atau puskesmas terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda