Scroll to Top

Rumania vs Yunani 1-1: Lolos ke Brazil 2014

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 20 Nov 2013

Rumania vs Yunani 1

Gol bunuh diri Alexandros Tziolis membuat Rumania berbagi angka 1-1 di leg kedua play off Piala Dunia 2014 zona Eropa. Hasil imbang dalam duel Rumania vs Yunani yang berakhir dengan skor 0-1 didi Arena Nationala membuat sang juara Euro 2004 bertolak ke Brazil 2014 dengan agregat 2-4.

Unggul 3-1 di leg pertama membuat Yunani berada di atas angin. Rumania yang dibayangi tugas harus menang minimal 2-0, memang berupaya menekan tim tamu yang tampil defensif. Namun nyatanya, Ciprian Tatarusanu harus melakukan penyelamatan penting atas tembakan Jose Holebas di menit 18.

Selang lima menit, bencana hadir. Vasilis Torosidis mengirimkan umpan lambung fantastis yang membelah para bek Rumania. Kostas Mitroglou menggiring bola dan menembakkannya dengan dingin ke gawang sementara yang ada di benak seluruh awak tuan rumah, mereka harus membuat empat gol.

Mitroglou

Rumania kembali melanjutkan dominasi hingga babak pertama usai. Namun, tidak ada yang benar-benar mengancam Orestis-Spyridon Karnezis. Alhasil skor 0-1 bertahan hingga turun minum dan mimpi semakin jauh.

Gol kemudian hadir bagi tuan rumah 10 menit setelah jeda. Bukan dari para penyerang Rumania. Melainkan bunuh diri Alexandros Tziolis. Ia berupaya membuang bola sejauh-jauhnya. Apa nyana. Tembakan sang gelandang terlalu bagus dan menukik tajam ke gawang Karnezis layaknya gol para penyerang paling mumpuni.

Rumania terus mengejar gol tambahan yang mungkin akan memaksa hasil yang berbeda. Hoban dan Alexandru Maxim menjadi penggedor utama untuk mengoyak pertahanan tim tamu. Tapi selebihnya, menghadapi Yunani yang terus bertahan, tuan rumah dibuat frustrasi.

Dalam 10 menit sebelum laga usai, stadion mulai tenang seakan menyadari mimpi yang pupus. Sebaliknya, Yunani yang baru saja ditimpa krisis ekonomi berkepanjangan akhirnya menemukan jalan kebahagiaan: lolos ke Piala Dunia 2014.

Yunani 3

RUMANIA (4-4-2): Tatarusanu; Matel, Goian, Rat (Latovlevici ’26), Chriches; Maxim, Tanase, Torje (Niculae ’56), Hoban; Stancu (Grozav ’87), Marica

YUNANI (4-3-3): Karnezis; Papastathopoulos, Siovas (Manolas ’80), Torosidis (Vyntra ’72), Holebas; Maniatis, Tziolis, Karagounis (Samaris ’72); Salpingidis, Samaras, Mitroglou

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda