Scroll to Top

Hasil Swedia vs Portugal 2-3: Play Off Piala Dunia 2014

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 20 Nov 2013

Ibra vs CR7

Cristiano Ronaldo sukses mencetak hattrick di pertandingan Swedia vs Portugal yang berakhir dengan skor 2-3 sekaligus membuat Zlatan Ibrahimovic hanya melihat Brazil 2014 dari layar kaca. Kedua calon pemenang Ballon d’Or 2013 itu sama-sama tampil luar biasa. Namun, kekalahan di leg kedua play off Piala Dunia 2014 zona Eropa membuat tuan rumah tersingkir dengan agregat 2-4.

Mengandalkan skema 4-4-2 dengan tumpuan pada Elmander dan Ibrahimovic, Swedia mencari dua gol yang tak didapatkan di Estadio da Luz. Mereka memulai laga lebih cerah dari Portugal, tapi tak bisa memanfaatkan bola-bola mati yang semestinya bisa jadi pembeda. Ibra sendiri, terpaksa turun lebih jauh dari posisinya sebagai penyerang murni.

Swedia vs Portugal 3

Swedia vs Portugal 1

Selecao perlahan mulai mendapatkan momentum. Tandukan Bruno Alves memaksa Andreas Isaksson melakukan penyelamatan penting kala laga berlangsung seperempat jam. Lalu, tiga kesempatan Cristiano Ronaldo dalam tempo tiga menit, melayang begitu saja.

Kim Kallstrom dan Ibrahimovic tak cukup membuat pendukung Swedia puas dengan kesempatan yang terbuang di akhir babak pertama. Lalu, mimpi di Friends Arena makin kabur oleh pesona CR7. Tujuh menit setelah turun minum, ia menjebol gawang Isaksson.

Memanfaatkan umpan terobosan Joao Moutinho, Cristiano Ronaldo berlari dan berlari meninggalkan deretan lini belakang Swedia untuk kemudian menembak ke sudut jauh gawang Isaksson. Gol cantik yang benar-benar berkelas, tapi Swedia tak mau berhenti.

Cristiano ROnaldo 2

CR7

Ketika harapan makin pudar, inilah guna seorang Zlatan Ibrahimovic. Ia langsung memborong dua gol di menit 68 dan 72! Gol pertama adalah tandukan memanfaatkan sepak pojok Kim Kallstrom. Sedang yang berikutnya, dari tendangan bebas yang meluncur ke sudut gawang Rui Patricio.

Tak masalah. Cristiano Ronaldo juga membalas dengan dua go dalam tempo dua menit! Yang pertama, dicetak CR7 setelah menyelesaikan umpan terukur Hugo Almeida. Dan berikutnya di menit 79, umpan terobosan Joao Moutinho yang membelah lini belakang Swedia, diteruskan dengan dribble maut Ronnie untuk mempermalukan Isaksson. Tiga gol, lahir dari tiga kecepatan sang bomber Real Madrid.

Gol vital Ronaldo tadi menghabiskan mimpi Swedia. Mereka tak mampu mengejar defisit dua gol untuk berangkat ke Brazil. Skor akhir 2-3, dan selamat tinggal Zlatan Ibrahimovic … usianya tak akan cukup untuk Piala Dunia 2016.

Gol: Zlatan Ibrahimovic ’68 dan ’72/ Cristiano Ronaldo ’52, ’77, dan ’79

SWEDIA (4-4-2): Isaksson; Lustig, Nilsson, Antonsson, Olsson; Larsson (Gerndt ’91), Elm, Kallstrom, Kacaniklic (Durmaz ’82); Elmander, Ibrahimovic

PORTUGAL (4-3-3): Patricio; Pereira, Alves, Pepe, Coentrao (Antunes ’52); Veloso, Meireles (William ’73), Moutinho; Nani, Almeida (Ricardo Costa ’82), Ronaldo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda