Scroll to Top

Nvidia Tesla K40, Akselerator Grafis Tercepat di Dunia Diperkenalkan

By Ditya / Published on Wednesday, 20 Nov 2013
Nvidia Tesla K40
Nvidia Tesla K40

Melalui ajang konferensi teknologi SC13, Nvidia meluncurkan akselerator grafis yang diklaim tercepat di dunia, yakni Tesla K40 GPU (Graphics Processing Unit). Nvidia Tesla K40 diklaim mampu menghadirkan performa ekstrim untuk keperluan aplikasi ilmiah, rekayasa, dan komputasi tinggi atau HPC (High Performance Computer).

Akselerator grafis Tesla K40 besutan Nvidia ini dibuat berdasarkan chip GK110 yang menggunakan arsitektur Kepler. Tak hanya itu, untuk mendukung kinerja monster Tesla K40 ini, Nvidia mengawinkannya dengan memori VRAM sebesar 12GB jenis GDDR5 berperforma tinggi.

Berkat kombinasi 2880 stream prosesor dan memori VRAM GDDR5 dengan lebar antarmuka 384-bit, akselerator grafis Tesla K40 besutan Nvidia ini mampu menghadirkan kinerja 40% lebih tinggi jika dibandingkan dengan Tesla K20X yang merupakan pendahulunya. Nvidia Tesla K40 ini juga diklaim memiliki kinerja 10 kali lebih cepat dibandingkan prosesor tercepat saat ini.

Menurut keterangan dari Nvidia, akselerator grafis Tesla K40 ini mampu memuntahkan kinerja komputasi hingga 4,29TFLOPS untuk single-precision dan 1,43TFLOPS untuk komputasi double-precision. Sebuah kinerja yang sangat tinggi untuk sebuah akselerator grafis tunggal.

Nvidia Tesla K40 ini dapat digunakan untuk pelbagai keperluan komputasi, seperti rekayasa ilmiah, simulasi, data center, dan banyak lagi. Saat ini diketahui telah tersedia sekitar 240 aplikasi yang mampu memanfaatkan akselerasi grafis seperti yang ditawarkan oleh Tesla K40 ini.

“Akselerator GPU sudah mainstream di industri superkomputer HPC dan, memungkinkan para insinyur dan peneliti untuk secara konsisten mendorong inovasi dan penemuan ilmiah. Dengan terobosan kinerja dan kapasitas memori yang lebih tinggi dari Tesla GPU K40, pelanggan perusahaan dapat dengan cepat melalui volume besar data yang menghasilkan analisis data yang besar aplikasi mereka,” kata Sumit Gupta, general manager dari Tesla accelerated computing products di Nvidia.

Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (18/11/2013), Nvidia Tesla K40 ini akan tersedia dalam beberapa bulan mendatang melalui mitra Nvidia dan produsen server besar, seperti Appro, Asus, Cray, Dell, Bull, IBM, Inspur, Sugon, Supermicro, Tyan, HP, dan Eurotech.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda