Scroll to Top

Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Jeruk Nipis

By Ilham Choirul / Published on Monday, 25 Nov 2013

radang tenggorokan

Radang tenggorokan biasa menyerang ketika ketahanan tubuh sedang menurun. Penyebabnya bisa virus maupun bakteri. Rata-rata penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya seiring dengan menguatnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Namun kadangkala perlu juga dilakukan pengobatan dengan antibiotik untuk penyebab bakteri, ketika sudah sangat mengganggu.

Penyakit ini ditandai dengan rasa sakit saat menelan dan tenggorokan tampak bengkak merah atau putih. Kadang penderitanya juga mengalami sedikit demam dan perasaan lelah. Jika menghendaki pengobatan secara alami, penggunaan jeruk nipis cukup mujarab untuk menyingkirkan. Pasalnya, dalam jeruk nipis terkandung banyak zat bermanfaat yang memicu peningkatan kekebalan tubuh. Cara pakai buah ini untuk mengobati radang tenggorokan ada beberapa pilihan:

  1. Siapkan air jeruk nipis dari perasan 3 buah jeruk dan campurkan dengan air panas setengah gelas. Tuangkan satu sendok madu lalu aduk rata. Minum ramuan dalam kondisi hangat tiga kali sehari. Gunakan pula ramuan ini untuk berkumur selama dua menit sebagai antiseptik.
  2. Siapkan air perasan dari dua jeruk nipis yang ditambahkan beberapa bagian garam. Masukkan air hangat dan aduk rata. Pakailah ramuan ini untuk berkumur. Manfaatnya yaitu mengatasi rasa sakit di tenggorokan, serak pada suara, hingga kesulitan menelan.
  3. Jika tenggorokan sakit karena banyaknya lendir yang menggumpal, siapkan ramuan seperti tersebut pada poin dua, tapi diminum airnya.
  4. Siapkan air dua gelas lalu rebus bersama empat batang kecil kayu putih dan cangkang makota dewa 8 buah. Setelah sisa satu gelas, angkat dan biarkan hangat. Minum ramuan tersebut dengan menambahkan perasan jeruk nipis setengah buah. Cara ini cocok untuk radang tenggorokan yang sudah parah dan minumlah tiga kali dalam sehari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda