Scroll to Top

Malaga vs Athletic Bilbao 1-2: Hasil Liga Spanyol 2013

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 26 Nov 2013

Malaga vs Athletic Bilbao 1-2

Iker Muniain menjadi pahlawan kemenangan timnya di Liga Spanyol. Gol sang pemain sayap di menit 86 sukses mengunci hasil pertandingan Malaga vs Athletic Bilbao yang ditutup dengan skor 1-2. Sempat tertinggal dan berbalik unggul, kini Athletic resmi berseteru dengan Villarreal untuk mendapatkan tiket terakhir ke Liga Champion musim depan.

Tampil di pertandingan paling pamungkas di jornada 14, Athletic Bilbao tidak memainkan Benat Etxeberria dan Markel Susaeta dalam starting XI. Mereka juga kehilangan kapten Carlos Gurpegui dan penyerang Aritz Aduriz. Bukan sesuatu yang baik untuk berangkat ke La Rosaleda.

Sementara itu Malaga, yang cuma menang sekali dalam tujuh pertandingan terakhir, berharap pada seorang Juanmi, pemain masa depan Spanyol. Tuan rumah sempat mengalami tekanan dari Athletic yang memiliki lini tengah lebih baik. Namun, memasuki setengah jam, mereka mulai menebar ancaman untuk Gorka Iraizoz.

Juanmi (’23), Vitolino Antunes (’34), dan Sergi Darder (’36) mengguncang lini belakang Athletic. Lalu, pekerjaan tim Bernd Schuster menjadi ringan di menit 37. Ketika itu Juanmi menjawab kepercayaan dengan menyarangkan gol umpan Marcos Angelleri.

Kejadian ini membuat Athletic bangkit. Namun, tandukan Mikel San Jose di ujung babak pertama tak menolong. Maka, tak ada alasan lain bagi pelatih Ernesto Valverde untuk menyembunyikan Markel Susaeta, Oscar De Marcos, hingga penyerang berpengalaman Gaizka Toquero.

Hasilnya, babak kedua sama sekali berbeda bagi pasukan Kebun Mawar. Tekanan demi tekanan tim tamu, tak bisa dibendung lagi di menit 68. Ketika itu Susaeta mengirimkan umpan sepak pojok yang jitu, dan Mikel San Jose menuntaskan rasa penasaran Athletic dengan golnya. 1-1; hasil yang pantas untuk determinasi klub Basque.

Sementara Athletic terus menggempur Malaga, mimpi buruk terus hinggap ke kubu tuan rumah. Menit 82, Francisco Portillo yang sepanjang paruh kedua lenyap tak berbekas, ‘muncul’ karena menerima kartu kuning. Padahal, baru enam menit sebelumnya ia dihadiahi kartu yang sama. Otomatis, Malaga pincang.

Di sinilah Athletic Bilbao mendapatkan momentum. Selang empat menit, Iker Muniain menjadi pahlawan timnya. Berawal dari umpan Ander Herrera, Muniain sempat gagal di percobaan pertama, sebelum akhirnya memastikan tiga angka bagi Athletic.

Malaga tak punya waktu untuk mengejar ketertinggalan. Jadilah Bilbao dan Villarreal menjadi dua kuda pacu terakhir untuk menembus Liga Champions musim depan.

Malaga (4-2-3-1): Willy; Angeleri, Sergio Sánchez, Weligton, Antunes; Tissone, Sergi Darder; Samuel (Camacho ’86) Portillo, Eliseu (Morales ’75); Juanmi (Pawlowski ’75)

Athletic Bilbao (4-2-3-1): Iraizoz; Iraola, San José, Laporte, Balenziaga; Iturraspe, Mikel Rico (De Marcos ’57), Ander Herrera, Muniain, Ibai (Susaeta ’46); Guillermo (Toquero ’62)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda