Scroll to Top

Atletico Madrid Memimpin Ranking Klub Terbaik Eropa

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 26 Nov 2013

Atletico Madrid Memimpin Ranking Klub Terbaik Eropa

Atletico Madrid berangkat ke Saint Petersburg untuk duel kontra Zenit di Liga Champion, dengan kepercayaan diri tinggi. Betapa tidak? Rojiblancos resmi memimpin ranking klub terbaik Eropa. Mereka bahkan mengalahkan sang juara bertahan Liga Champions, Bayern Munchen.

Total poin yang dikumpulkan oleh Atleti saat ini adalah 13,857. Jumlah ini merupakan hasil empat kemenangan yang diraih pasukan Diego Simeone musim ini di Eropa. Mereka sejatinya mengumpulkan kemenangan yang sama dengan Bayern Munchen. Namun, koefisien Liga Spanyol lebih tinggi daripada Bundesliga sehingga Rojiblancoslah yang memimpin.

Dari ranking klub UEFA tersebut, terlihat betapa Juventus yang menjadi kampiun Serie-A tercecer ke peringkat 22 karena belum pernah menang. Sementara Manchester United, tertahan di posisi delapan; setara dengan tetangga sebelah mereka, City. Duo Real Madrid dan Barcelona, ada di posisi 3 dan 4; sedang PSG menutup lima besar.

Namun, jika ranking ini dilihat secara keseluruhan dalam lima musim terakhir (musim 09/10), Barcelona yang memuncaki daftar. Mereka berhasil meraih 141,799 poin. Lebih baik daripada Bayern Munchen yang bersandar di posisi kedua dengan 137,842 poin.

Berikutnya, peringkat ketiga hingga kelima berturut-turut dipegang oleh Real Madrid (134,799 poin), Chelsea (124,435 poin), dan Manchester United (114,435 poin).

Dalam daftar tersebut, terlihatlah dominasi Liga Spanyol. Ada empat klub yang masuk 10 besar. Valencia dan Atletico Madrid ada di peringkat 8 dan 9. Sementara itu, Portugal mencantumkan nama Benfica (posisi 6) dan Porto (posisi 10).

Uniknya, tak ada satu pun tim dari Serie-A yang masuk dalam 10 besar peringkat klub UEFA ini. Internazionale dan saudara sekota, AC Milan, ada di posisi 11 dan 12. Juventus, malah berada di peringkat 25. Akan halnya Dortmund yang musim lalu menjadi finalis Liga Champions, turun di posisi 18.

Namun, peringkat ini belumlah berakhir. Masih ada maksimal 9 pertandingan lagi bagi mereka yang berkompetisi di Liga Champions dan 11, jika berlaga di Europa League untuk menentukan peringkat akhir kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda