Scroll to Top

Horacio Elizondo Ungkap Fakta Insiden Zidane-Materazzi di Final Piala Dunia 2006

By Wan Faizal / Published on Friday, 29 Nov 2013

Zidane-Materazzi

Masih ingat dengan insiden tandukan yang dilakukan Zinedine Zidane kepada Marco Materazzi dalam laga final Piala Dunia 2006 antara Italia vs Prancis? Kali ini Horacio Elizondo, wasit asal Argentina yang memimpin laga tersebut, menceritakan fakta yang sebenarnya terjadi dalam insiden tersebut.

Diakui Elizondo, ia dan kedua asistennya sebenarnya sama sekali tak tahu apa penyebab Materazzi tiba-tiba terjatuh pada saat pertandingan memasuki waktu extra time. Elizondo merasa ragu dalam mengambil keputusan sebelum ofisial keempat mengaku melihat apa yang sebenarnya terjadi.

“Semua kami putuskan lewat headset. Ketika Marco terjatuh, bola berada di sisi lapangan yang lain dan saya tidak tahu kenapa Marco terjatuh. Kemudian saya mengetahui hal tersebut namun masih menunggu Marco untuk bangun. Ketika ia tak jua bangkit, saya baru menghentikan pertandingan,” ungkap Elizondo.

“Dari sisi Marco terjatuh, saya bertanya pada asisten saya (Dario Garcia) soal apa yang terjadi namun ia mengaku tak tahu. Lalu saya bertanya pada asisten saya satunya (Rodolfo Otero). Dengan jarak yang jauh saya ragu ia tahu apa yang sebenarnya terjadi. Dan benar saja, ia mengaku tak tahu menahu soal penyebab Marco terjatuh. Para pemain juga bingung dengan apa yang terjadi, kecuali Gigi Buffon yang melihat insiden itu dan melakukan protes pada kami.”

“Kemudian saya mulai berpikir soal penyebabnya. Saya benar-benar ragu untuk mengambil keputusan sebelum ofisial keempat (Luis Medina Cantalejo) berbicara lewat headset dan ia mengaku bahwa melihat Zidane menanduk dada Marco.”

Zidane-Elizondo

Penjelasan singkat yang diberikan oleh Cantalejo itulah yang akhirnya membuat Elizondo mengeluarkan keputusan yang pada akhirnya menjadi sebuah sejarah. Sebuah kartu merah ia layangkan pada Zidane, tepat dimana kala itu Zidane memantapkan niat untuk pensiun dari dunia sepakbola seusai Piala Dunia 2006.

“Saat itu sebenarnya saya merasa tak yakin untuk mengusir Zidane. Kartu merah itu seperti keluar begitu saja. Saya tak yakin karena para pemain dan penonton tahu kalau saya tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi. Itu semua terlihat ketika saya langsung mendatangi Dario untuk bertanya soal apa yang terjadi.”

“Saat itu saya juga sempat memarahi Dario karena ia tidak fokus. Insiden itu terjadi di depannya namun ia tidak melihatnya. Setelah berbicara singkat dengan Dario, saya lalu berbalik dan mengeluarkan kartu merah pada Zidane.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda