Scroll to Top

5 Fakta Seputar Menstruasi

By Ilham Choirul / Published on Friday, 29 Nov 2013

menstruasi

Wanita normal yang telah mencapai masa puber akan mengalami menstruasi hingga masuk masa menopause. Hadirnya menstruasi menjadi salah satu bukti bahwa wanita memiliki potensi untuk merasakan kehamilan dan memiliki anak. Pasalnya, kejadian ini menjadi bukti terproduksinya sel telur yang menjadi komponen dalam pembuahan.

Di balik menstruasi, ada berbagai hal terkait fakta yang sebaiknya diketahui oleh wanita. Kadang masih ada salah kaprah tentang rutinitas bulanan ini di antara mereka. Berikut ini tujuh fakta terkait menstruasi:

  1. Kehamilan masih mungkin terjadi sekalipun sedang menstruasi. Sperma yang masuk ke rahim masih bisa hidup selama kurang lebih tiga hari. Jika wanita langsung mendapatkan masa suburnya sesaat setelah menstruasi, maka masih dimungkinkan mengalami kehamilan.
  2. Pada saat ovulasi merupakan tanda wanita sedang dalam masa subur. Ini waktu terbaik untuk hamil. Untuk mengeceknya, Anda bisa memakai alat tes ovulasi yang saat ini gampang didapatkan di toko obat. Ciri fisiknya biasanya muncul lebih banyak lendir di vagina.
  3. Menstruasi tidak lancar ada banyak sebab. Beberapa di antaranya adalah stres, hamil, penggunaan kontrasepsi hormonal, hingga perubahan berat badan secara ekstrim. Namun ada baiknya menstruasi yang tidak lancar diperiksakan ke dokter jika terus menerus terjadi.
  4. Wanita yang berada dalam proses menstruasi justru libidonya meningkat. Ini terjadi karena hormon progesteron turun drastis. Hormon ini menjadi penyebab turunnya birahi pada wanita.
  5. Wanita kadang dperlukan diskriminatif saat menstruasi di sebagian negara. Contohnya di India, wanita yang menstruasi dilarang memasak atau menyentuh bahan makanan. Mitos yang beredar menyebutkan, kualitas makanan menurun kalau disentuh wanita menstruasi. Pastinya ini hanya mitos. Jangan percaya hal-hal demikian yang terasa berada di luar akal sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda