Scroll to Top

Jolla Sailfish, Smartphone Baru Penantang Android Harga Rp 6,4 Juta

By Ditya / Published on Saturday, 30 Nov 2013
Jolla Sailfish
Jolla Sailfish

Jolla, sebuah perusahaan yang didirikan oleh mantan karyawan Nokia akhirnya merilis smartphone dengan sistem operasi Sailfish OS dengan harga Rp 6,4 juta. Sistem operasi Sailfish OS besutan Jolla ini digadang-gadangkan menjadi pesaing baru Android dan iOS. Apa yang ditawarkan oleh smartphone berbasis Sailfish besutan Jolla ini? Simak ulasan berikut ini.

Secara umum, desain smartphone Jolla Sailfish ini memiliki sedikit kemiripan dengan smartphone Nokia Lumia yang dibalut dengan casing warna-warni. Jolla Sailfish ini mengusung desain siudut yang tegas dan tajam, mengingatkan kita pada desain Lenovo K900.

Smartphone Jolla Sailfish ini dibekali dengan layar sentuh berukuran 4,5 inci dengan resolusi qHD 960 x 540 piksel. Dapur pacu Jolla Sailfish ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 400 yang mengusung prosesor dual-core Krait berkecepatan 1,4GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB.

Smartphone pertama berbasisi sistem operasi Sailfish ini dilengkapi dengan emori internal yang cukup lega, yakni 16GB  yang dibekali dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal hingga maksimal 32GB. Smartphone pertama besutan Jolla ini dibekali dengan baterai berkapasitas 2100mAh.

Sektor kamera, Jolla Sailfish ini dibekali dengan kamera utama dengan resolusi 8 megapiksel autofokus dan kamera depan dengan resolusi 1,3 megapiksel. Konektivitas Jolla Sailfish ini juga cukup lengkap dengan dukungan WiFi, 4G LTE, dan Bluetooth.

Lalu apa sebenarnya sistem operasi Sailfish OS itu? Sistem operasi Sailfish OS adalah sistem operasi berbasis Linux MeeGo yang telah ditinggalkan oleh Nokia. Salah satu kelebihan sistem operasi Sailfish OS ini adalah dukungan untuk menjalankan aplikasi Android.

“Ada kesempatan yang berbeda bagi orang untuk mendapatkan aplikasi membentuk tempat yang berbeda, toko yang berbeda. Kami yang membentuk komunitas Jolla sekarang. Sudah ada situs Sailfish sehingga pengembang dapat datang dan berkontribusi,” kata Marc Dillon, pendiri Jolla, seperti yang dilansir dari Phone Arena dan GSM Arena (27/11/2013).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda