Scroll to Top

Barcelona Terkena Kutukan: Selalu Sial Setiap Memakai Jersey Tandang?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 03 Dec 2013

Barcelona Terkena Kutukan Jersey Tandang

Entah mengapa, Barcelona belum juga meraih kemenangan setiap kali mengenakan jersey tandang mereka yang berwarna merah-kuning. Apakah seragam yang terinspirasi dari senyera, warna khas Catalonia, mengantarkan kutukan kepada tim Gerardo Martino?

Bisa jadi, ini memang hanyalah deretan kebetulan yang datang beruntun. Nasib sial Barca setiap kali mengenakan seragam tandang, sudah dimulai sejak mereka pertama kali memakainya. Yaitu, dalam pertandingan persahabatan melawan Bayern Munchen musim panas lalu. Ketika itu, Barca yang lebih banyak menurunkan pemain B, kalah 2-0 oleh tim Pep Guardiola.

Catatan tak pernah menang dengan seragam tersebut, berlanjut di Supercopa de Espana. Kala itu, Barca yang bergerak ke Vicente Calderon, cuma bermain imbang 1-1 dengan Atletico Madrid. Laga ini juga ditandai dengan cederanya Lionel Messi sehingga ia cuma bermain satu babak.

Saat bertandang ke El Sadar yang dikenal memiliki lapangan sulit, Barca juga tak berkutik. Meskipun Lionel Messi turun dari bangku cadangan, kubu Camp Nou dibuat mandul dan cuma bermain 0-0.

Seragam yang sama juga dipakai saat Barcelona melawat ke San Siro. Tapi, kutukan juga berlaku di sini. AC Milan sukses menahan mereka 1-1 meski Lionel Messi menyumbang gol di laga tersebut.

Terakhir, di San Mames Barria, lagi-lagi Barca mengalami kejadian serupa. Gol tunggal Iker Muniain membungkam mereka yang mengenakan ‘Senyera’.

Bisa jadi, hal ini terjadi karena kebetulan, tim-tim yang dilawan kubu Camp Nou setiap mengenakan jersey tandang musim ini, adalah klub level atas, kecuali Osasuna. Namun, bila kemudian menghadapi tim-tim kurcaci, Barca tetap tak bisa meraih kemenangan, kira-kira benarkah ada ‘Kutukan Senyera’ di kostum mereka?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda