Scroll to Top

Jadwal & Prediksi Drawing Piala Dunia 2014, Jumat 6 Desember 2013

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 04 Dec 2013

Jadwal & Prediksi Drawing Piala Dunia 2014, Jumat 6 Desember 2013

Jadwal drawing Piala Dunia 2014 akan berlangsung pada Jumat, 6 Desember 2013. FIFA sendiri sudah membagi 32 negara yang akan berpartisipasi di Brazil, ke dalam empat pot. Nantinya, dalam undian, sebuah grup akan diisi oleh satu tim dari masing-masing pot.

Sesuai dengan prediksi drawing Piala Dunia 2014 sebelumnya, pot pertama diberikan kepada negara-negara yang memiliki peringkat tertinggi dalam ranking FIFA, plus tuan rumah. Otomatis, Brasil tergabung dalam pot yang sama dengan Argentina, Jerman, dan Uruguay. Artinya pula, kita tidak akan melihat negara-negara unggulan ini bentrok dalam satu grup yang sama.

Pot kedua, terdiri dari lima negara yang lolos dari babak kualifikasi zona CAF (Afrika) dan dua dari zona CONMEBOL, yaitu Chili dan Ekuador.

Sementara itu, pot ketiga, terdiri dari empat negara yang lolos dari kualifikasi zona CONCACAF (Amerika Utara) dan empat dari zona AFC (Asia). Artinya, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat ada di pot ini.

Pot terakhir, alias pot keempat, diisi oleh sembilan negara yang lolos dari zona UEFA (Eropa). Namun, sebagai catatan, nantinya salah satu dari negara-negara tersebut akan  dipilih secara acak diletakkan di pot kedua.

Dalam aturan turnamen Piala Dunia, disebutkan bahwa dalam sebuah grup hanya boleh ada dua negara yang berasal dari Eropa; dan satu negara dari Amerika Selatan. Dengan demikian, negara Eropa yang terlempar masuk ke pot 2, tidak akan bertemu Spanyol, Jerman, Swiss, dan Belgia dari pot 1. Sebaliknya, negara tersebut dipastikan akan berhadapan dengan salah satu negara Amerika Selatan yang masuk pot 1.

Berikut ini pembagian pot untuk undian Piala Dunia 2014.

  • Pot 1: Brasil; Spanyol; Argentina; Kolombia; Swiss; Belgia; Jerman; Uruguay.
  • Pot 2: Ghana; Kamerun; Pantai Gading; Aljazair; Nigeria; Chile; Ekuador.
  • Pot 3: Amerika Serikat; Meksiko; Honduras; Kosta Rika; Iran; Korea Selatan; Jepang; Australia.
  • Pot 4: Inggris; Belanda; Italia; Portugal; Rusia; Kroasia; Bosnia-Herzegovina; Yunani; Prancis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda