Scroll to Top

Brazuca, Bola Untuk Piala Dunia 2014 Resmi Diluncurkan

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 05 Dec 2013

Brazuca 4

Jika di Piala Dunia 2010 kita mengenal bola Jabulani, maka di Piala Dunia 2014, ada Brazuca. Untuk mempromosikannya, Adidas menggandeng nama-nama terkenal seperti Steven Gerrard (Inggris), Lionel Messi (Argentina), Xavi Hernandez (Spanyol), hingga Edinson Cavani (Uruguay). Apa saja keistimewaan Brazuca?

Pertama, dari namanya. Bola untuk Brazil 2014 disebut Brazuca sejak September 2012 setelah adanya voting publik di negara tersebut; yang konon mencapai lebih dari 1 juta fans. Brazuca sendiri adalah kata informal yang berarti ‘orang Brazil’ dan menggambarkan gaya hidup Brazil.

Warna yang melekat pada bola tersebut, merefleksikan warna bendera Brazil sekaligus logo Piala Dunia 2014. Sementara itu, desain Brazuca adalah representasi dari gelang yang sering dipakai oleh masyarakat Brazil.

Brazuca 5

Brazuca 2

Brazuca sendiri memiliki berat 437 gram. Kemampuan menyerap airnya 0,2%. Bola ini sudah dites selama 2,5 tahun dengan melibatkan 600 pemain. Untuk mendukung kenyamanan dalam memakai Brazuca, ada 287 pemain yang diwawancarai. 30% di antaranya bukanlah pemain yang terikat kontrak dengan Adidas. Diklaim oleh apparel asal Jerman tersebut, Brazuca adalah bola Adidas yang paling banyak diuji kelayakannya. Ada 30 tim dari 10 negara yang sudah menggunakannya.

Berbagai pemain pun berkomentar untuk bola yang satu ini. Semisal, Lionel Messi yang beruntung bisa menjajal Brazuca saat pertandingan Swedia kontra Argentina. Kata King Leo, “Kesan pertama tentang bola ini, sangat baik.”

Kompatriot Messi di Barcelona, Dani Alves berkata, “Akan ada banyak hal seru yang terjadi dengan bola ini. Yang terpenting, ia bisa dimainkan di lapangan dan di duel udara dengan baik.”

Brazuca 3

Akan halnya Steven Gerrard, yang akan memimpin Inggris di Piala Dunia 2014, berkata, “Tanda-tanda bahwa sebuah bola memang baik digunakan, adalah ketika tak seorang pun berkata macam-macam tentangnya.”

“Saya yakin, tak seorang pun akan berkata negatif tetang Brazuca. Bola untuk Liga Champions (Eropa) selalu menjadi favorit para pemain. Brazuca sangat mirip dengannya, dan para pesepakbola akan sangat bahagia mengetahui hal ini.”

Tak kalah penting, Gerrard menjamin, Brazuca ini tidak hanya ‘nyaman’ untuk pemain lapangan. Tetapi juga, untuk para kiper. Dengan tes yang dilakukan dalam berbagai kondisi dan cuaca, tak salah lagi, Brazuca disebut oleh sederetan pemain sebagai yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda