Scroll to Top

Indonesia Masuk 5 Besar Target Utama Kejahatan Pencurian Password

By Ibnu Azis / Published on Friday, 06 Dec 2013

Password Favorit

Selain kasus penyadapan, nampaknya kasus pencurian password jadi topik terhangat pada pekan ini. Terkini, Indonesia ternyata jadi lima besar negara yang jadi target utama kejahatan cyber terkait kasus pencurian kata sandi.

Data ini berdasar temuan dari SpiderLabs Trustwave. Menurut kabar yang ditulis Slashgear, di peringkat pertama dihuni oleh Belanda dengan tingkat pencurian password diangka 1,8 juta atau 97,17% dari total jumlah pengguna internet di negeri Kincir Angin tersebut.

Sedangkan di posisi nomor dua ada Thailand dengan 7.029 atau sekitar 0,37% dari total pengguna internet di negara Gajah Putih. Sedangkan untuk Indonesia sekitar 755 atau 0,04% dari total netizen di tanah air. Berikut peringkat lima besar negara dengan tingkat teratas kasus pencurian kata sandi menurut data dari SpiderLabs Trustwave.

  1. Belanda: 1.828.452 (97,17%)
  2. Thailand: 3.029 (0,37%)
  3. Jerman: 3.952 (0,21%)
  4. Singapura 5.055 (0,27%)
  5. Indonesia: 754 (0,04%)

Yang menarik kemudian menilik posisi Amerika Serikat yang justru berada di bawah Indonesia yakni di posisi ke-6. Padahal tranksaksi virtual di negara Abang Sam tersebut cukup tinggi. Namun untuk urusan kasus pencurian password miliki tingkat prosentase yang cukup rendah yakni hanya 0,10% dari total netizen yaitu 1.943 kata sandi.

Lantas apa yang jadi penyeban utama sebuah kata sandi mudah untuk dicuri? SpiderLabs Trustwave menjelaskan jika tingkat kesulitan password menjadi faktor kunci. Menurut mereka, kata sandi berjumlah 9 digit kombinasi huruf dan angka sangat sulit untuk diretas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda