Scroll to Top

Ekstrak Biji Anggur Bisa Membunuh Sel Kanker Prostat

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 08 Dec 2013

ekstrak biji anggur

Biji anggur memiliki manfaat untuk melawan sel kanker yang menyerang prostat. Ekstrak dari biji ini bisa membunuh sel kanker dengan tetap mempertahankan sel sehat dalam kondisi selamat. Demikian menurut sebuh studi dari University of Colorado Skaggs School of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, seperti dikutip Times of India.

Kandungan dari biji anggur yang berguna untuk melawan kanker prostat ini adalah B2G2. Zat ini mendorong kematian sel kanker. Temuan ini mendukung studi sebelumnya yang menemukan bahwa dalam biji anggur ditemukan senyawam GSE. Senyawa ini berdampak sama seperti B2G2, namun belum diketahui bagaimana cara kerja sebenarnya dalam melakukan perlawanan terhadap sel kanker.

Menurut Alpna Tyagi, Ph.D, untuk melakukan isolasi terhadap B2G2 dari biji anggur dalam bentuk ekstrak mungkin masih perlu waktu yang panjang dan mahal. Namun, zat ini masih memungkinkan untuk disintesis dalam jumlah yang memungkinkan agar bisa dipelajari efeknya dalam melawan sel kanker.

“Kami telah menemukan aktivitas antikanker yang sama di masa lalu dengan ekstrak biji anggur (GSE), tetapi sekarang kami tahu B2G2 adalah yang bahan aktif paling biologis yang dapat disintesis dalam jumlah yang akan memungkinkan bagi kami untuk mempelajari mekanisme kematian rinci pada sel kanker,” kata Alpna Tyagi yang studinya dipublikasikan jurnal Nutrition and Cancer.

Temuan ini menambah panjang daftar manfaat ekstrak bahan-bahan alami untuk pengobatan penyakit kanker.  Selama ini beberapa ekstrak diduga kuat memiliki khasiat yang bisa diandalkan dalam melawan kanker, seperti ekstrak kulit manggis atau daun sirsak. Dan, pengobatan kanker memakai ramuan bahan alam mulai diminati banyak penderita kanker belakangan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda