Scroll to Top

Memanfaatkan Jeruk Nipis Sebagai Obat Jerawat

By Ilham Choirul / Published on Monday, 09 Dec 2013

lemon-facial

Tumbuhnya jerawat di muka bukan hanya memiliki efek pada penampilan yang membuat kurang percaya diri. Lebih dari itu, kondisi jerawat yang “matang” akan menimbulkan rasa nyeri. Jerawat akan mengeras dan terlihat merah. Tidak sedikit orang yang akhirnya berusaha mengeluarkan isi di dalamnya sekalipun harus merasakan perih yang menyengat.

Padahal, jerawat seperti itu bisa diatasi dengan jeruk nipis. Buah yang gampang didapat di pasar tradisional ini memiliki kandungan senyawa yang bersifat antibakteri dan antiseptik. Bakteri yang terjebak di dalam benjolan jerawat dapat dibunuh dengan zat tersebut.

Cara penggunaannya gampang. Ambil jeruk nipis dan peras airnya. Setelah itu, ambil bola kapas lalu basahi dengan air jeruk. Tinggal Anda oleskan pada bisul jerawat dan biarkan kurang lebih 10-15 menit sebelum dibilas memakai air dingin. Tapi perlu diingat, efek kesembuhan tidak secepat menggunakan obat-obatan farmasi karena menggunakan terapi herbal.

Kalau dalam penerapan jeruk nipis ke jerawat terasa agak perih, tidak perlu panik. Itu menjadi tanda sedang terjadi “peperangan” antara kandungan dalam jeruk nipis dengan bakteri penyebab jerawat. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari sampai jerawat benar-benar sembuh. Dan, kalau Anda punya jenis kulit sensitif, tambahkan sedikit air agar air jeruk tidak terlampau asam.

Keuntungan lainnya memakai jeruk nipis pada wajah yaitu menjaga elastisitas kulit. Ini terjadi karena buah tersebut mengandung asam alpha-hydroxy. Zat ini juga turut memicu pembentukan sel kulit baru. Menarik bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda